4/09/2016

5 Element Penting Untuk Desain Blog yang Perlu Diperhatikan

Dari waktu ke waktu fungsi dan tampilan widget pada blog banyak berkembang, ada begitu banyak widget keren dan plugin yang dapat kamu pasang ke situs atau blog, dan membuat desain blogmu lebih bagus.

Hari ini saya ingin kembali ke basic blogging dan berbagi lima unsur Super Penting yang harus ada dalam blog agar desain blogmu terlihat lebih profesional.

5 Element Penting Untuk Desain Blog

Biasanya kita akan mendengar perkataan apa yang "harus" dilakukan blogger setelah membuat blog selain menulis post dan promosi?, jawabannya adalah kamu benar-benar Harus memiliki Kelima elemen dibawah ini untuk blogmu. Kamu akan terkejut betapa 5 elemen ini nantinya akan membuat perbedaan dalam aktivitas yang terjadi di blog kalian.

1. Kotak Pencarian

Well, mungkin bagi sebagian blogger Kotak pencarian tidak begitu penting, bahkan ada yang beranggapan ini akan membuat loading blog jadi lebih berat dan lama. Namun kenyataannya, widget search box atau kotak pencarian sangat berguna jika di setiap blog dipasangi widget ini.

Karena dengan adanya kotak pencarian, pengunjung bisa mengetikkan kata kunci atau post yang ingin mereka cari di blogmu tanpa harus keluar dari blog. Setidaknya bisa menambah pageview dan mengurangi bounce rate, karena pembaca akan lebih lama membaca.

2. Social Media Icons

Blogging adalah semua tentang berbagi minat kita dengan orang lain, dan kadang-kadang tempat terbaik adalah untuk menghubungkan melalui saluran media sosial seperti Twitter atau Instagram.

Widget share social media juga penting untuk di pasang pada blog, jika sewaktu-waktu pembaca ingin berbagi postinganmu, mereka hanya tinggal menekan tombol share social media tanpa harus copy link reks. Semakin banyak pembaca yang share postingan kamu, semakin menguntungkan juga untuk blogmu.

Baca juga:



3. Hak Cipta

Pernah merasa marah saat postingan kita di copy oleh blogger tak bertanggung jawab? Mereka meng-claim karya kita sebagai miliknya tanpa memberi link asli ke halaman blog kita. Maka dari itu memasang widget hak cipta juga penting agar terhindar dari penjiplakan karya.

Kamu bisa memasang widget DMCA atau sejenisnya untuk melindungi post, gambar atau video di blogmu. Sebagai tambahan, buat halaman TOS, Disclaimer, Privacy Policy untuk memberi tahu pengunjung apa dan bagaimana mereka dapat menggunakan konten kita.

4. Komentar Box

Mungkin diantara blogger ada yang dengan sengaja menonaktifkan komentar box atau memang ada yang tidak tahu kalau komentar box itu penting. Saya pernah mengunjungi sebuah blog, karena isi postingannya bagus dan bermanfaat, saya ingin mengucapkan terima kasih melalui komentar box, tapi sayangnya saya tidak mendapati hal tersebut.

Sangat di sayangkan bukan, mereka akan kehilangan perhatian dari pembacanya hanya karena tidak ada komentar box di blognya. Selain dengan social media, komentar blog juga berfungsi sebagai tempat komunikasi antara penulis/blogger dengan pembacanya. Jika kita bisa akrab dengan pembaca kita, mereka akan sering mengunjungi blog kita.

5. Kredit

Sebagai blogger kadang tersinspirasi dari tulisan para blogger besar atau mendapatkan sumber informasi di situs besar. Namun mengutip semua tulisan di situs tersebut merupakan pelanggaran hak cipta, sehingga kita perlu berhati-hati saat bertindak.

Untuk itu, sangat perlu kita memberi sumber referensi, dari mana info atau gambar itu di peroleh, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Kadang saya merasa kesal saat orang lain mengcopy tulisan kiat, tapi mereka tidak memberikan link credit ke tulisan kita yang asli. Walaupun kita menegurnya, belum tentu mereka peduli, dan ini sangat merugikan.

Sebenarnya kita juga bisa menggunakan script anti copy paste di blog kita, kalian bisa mencarinya di google. Menggunakan gambar tanpa izin atau tidak memberikan kredit dapat dikenakan denda dengan biaya banyak Rp. Rp. Rp.

Itu semua! Lima elemen Sederhana yang akan membuat blog atau situs kita jadi jauh lebih baik. Dan pastinya sekarang kamu tau kan mamfaat dari kelima elemen tadi. Jangan menyepelekan hal terlihat sederhana. Jika menurut kalian ada hal lain yang lebih penting dari kelima elemen tadi, kalian bisa menuliskannya di komentar. Have a nice day

Blog SEO



6 komentar on "5 Element Penting Untuk Desain Blog yang Perlu Diperhatikan"
  1. kaya nya blog saya belum memenuhi 5 elemtn ini, soal nya saya gak ada social media icon, ternyata penting juga ya

    BalasHapus
  2. Artikel yang keren... makasih gan. info menarik banget... salam kenal.

    BalasHapus
  3. artikelnya mantap boss , menarik , emang medsos juga penting yak? baru tau saya wkwkwk

    BalasHapus
  4. Ane gak pernah naruh kredit klo ngambil gambar dibgoogle wkwk

    BalasHapus
  5. sangat membantu gan buat newbie kayak saya ini tanks

    BalasHapus