Dakwah Islam dengan Kearifan & Kedamaian Di Nusantara + PDF

Dakwah Islam dengan Kearifan & Kedamaian Di Nusantara + PDF

Dakwah Islam dengan Kearifan & Kedamaian Di Nusantara - Indonesia merupakan negara kepulauan yang dihuni banyak suku-bangsa. Kemajemukan yang dimiliki bumi Nusantara inilah yang menimbulkan persepsi unik tentang Islam Indonesia.

Jika dibandingkan dengan Islam di negeri Arab (sekalipun nama negara dan kerajaannya berbeda, tetapi asalnya hanya satu bangsa, yaitu Arab), kehadiran Islam Indonesia yang dianut oleh bermacam-macam suku bangsa menjadi khazanah tersendiri.

Dakwah Islam dengan Kearifan & Kedamaian Di Nusantara


Khazanah Islam Indonesia itu, bukanlah suatu pandangan keagamaan melainkan pandangan keumatan. Bukan pula sempalan teologi Islam, tetapi cara pandang penganut dan pengamal ajaran Islam. Kenapa demikian? Masyarakat Nusantara dari sejak lama telah memiliki budaya asli, dan  kearifan lokal yang sangat luhur.

Sebagai penduduk kepulauan yang terbuka masyarakat Nusantara juga sudah berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain di dunia, seperti dengan Arab, Persia, India dan China. Oleh sebab itu, sangat wajar jika umat Islam Indonesia memiliki kekayaan kearifan lokal maupun  kebudayaan yang unik dan berbeda dengan kebudayaan muslim di penjuru dunia lainnya.

Salah satu tanda dasar kearifan lokal dalam kebudayaan besar muslim di Indonesia adalah ciri moderasi (wasatiyah), yaitu menempatkan diri sebagai ummatan wasatan (kelompok tengah) untuk keberlanjutan dan kelangsungan peradaban manusia. Ciri ini telah ada dalam pola penyebaran dakwah islamiyyah semenjak zaman Walisongo yang ditunjukkan mulai  dari budaya arsitektur bangunan, kaligrafi dan seni hias, wayang-tembang dolanan, hingga ritual dan aneka kuliner penyertanya.

Dengan ciri tengahan, semua tampak khas budaya muslim Indonesia sekalipun sumbernya dapat dari mana saja sebab yang paling utama ialah membawa rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil ‘āalamin). (Sumber buku: Pendisikan Islam dan Budi Pekerti Kelas XII SMA/SMK 2020/2021).

Masuknya Islam d Nusantara PDF PTT

Berikut adalah file presentasi yang saya buat untuk materi PAI Bab 5 tentang Dakwah Islam dengan Kearifan & Kedamaian Di Nusantara. Saya buat untuk pertemuan pertama, di dalamnya menyinggung masuknya Islam di Indonesia (Nusantara), Strategi dakwah Islam di Indonesia (Nisantara) dan Mengapa Islam mudah Masuk ke Indonesia. Semoga dapat bermanfaat dan digunakan sebagaimana mestinya.