7/01/2019

Jalur Dinosaurus Terpanjang di Dunia (Brontopodus plagnensis)

Di desa Plagne di Prancis, tepatnya di Pegunungan Jura, 200 kilometer sebelah timur Lyon, terdapat jejak kaki besar yang terbentuk 150 juta tahun yang lalu. Jejak kaki itu milik sauropoda, jenis dinosaurus terbesar, yang memiliki leher sangat panjang, yang membantu mereka mencapai dedaunan di atas pohon-pohon tinggi, ekor panjang dan empat kaki tebal seperti pilar. Sauropoda dewasa memiliki bobot hingga 100 ton, meskipun rata-rata dinosaurus ini mungkin memiliki berat sekitar 35 ton.

Jejak dino saurus asli

Saat itu, wilayah ini adalah laut yang hangat dan dangkal, dengan pulau-pulau kecil. Ketika laut surut, semua jenis dinosaurus mengarungi rawa-rawa saat mereka melompat dari satu pulau ke pulau yang berikutnya untuk mencari makanan.

Orang hampir bisa membayangkan sauropoda besar ini berjalan diam-diam di pantai meninggalkan jejak kaki yang tebal di lumpur, yang kemudian ditutupi oleh sedimen. Pergolakan tektonik mengangkat daratan dan mengekspos jejak kaki hingga ditemukan manusia.

Jalur dinosaurus itu ditemukan di banyak bagian di dunia. Apa yang membuat jejak yang satu ini menarik adalah jajak ini adalah trek terpanjang yang ditemukan milik kelas dinosaurus terbesar. Trek jejak kaki dino sepanjang 155 meter dan memiliki 110 jejak kaki.

Jejak dino saurus dan sejarah dino saurus

Analisis jejak ini menunjukkan bahwa jejak ditinggalkan oleh seekor binatang yang setidaknya memiliki tinggi 35 meter dan berat lebih dari 35 ton, yang berjalan sekitar 4 kilometer per jam dengan langkah rata-rata 2,8 meter.

Terlebih lagi, Sauropoda ini adalah spesies yang sebelumnya tidak dikenal yang sekarang bernama Brontopodus plagnensis, yang diterjemahkan sebagai “thunderfoot of Plagne”.

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.