5/02/2019

10 Negara Yang Pernah Pindah Ibu Kota Karena Motif Unik

Presiden Indonesia telah mengumumkan rencana untuk memindahkan ibu kota negara Indonesia dari pulau Jawa yang padat. Ibu kota saat ini, Jakarta, adalah rumah bagi lebih dari 10 juta orang, tetapi sekitar tiga kali lebih banyak orang tinggal di kota-kota sekitarnya, dan ini menambah kemacetan parah di daerah itu.

photo credit: Habour City by Yao Qin

Kemacetan bukan satu-satunya masalah. Ibukota dataran rendah juga rentan terhadap banjir dan tenggelam karena ekstraksi berlebihan air tanah.

Meski motifnya unik, itu bukan kali pertama suatu negara memilih untuk menggeser ibukotanya. Berikut adalah beberapa negara yang memindahkan Ibukotanya ke Tempat baru:


Australia

Dirancang pada tahun 1913 oleh arsitek asal Amerika Walter dan Marion Burley Griffin. Canberra adalah sebuah kota berpenduduk 400.000 jiwa, yang tumbuh dengan rumput hijau yang luas dan asri, jalanan dengan museum dan juga bar-bar kopi yang sedang berkembang.

Canberra ada karena, ketika Australia bersatu pada 1901, pertikaian antara Sydney dan Melbourne membutuhkan kompromi, Maka dipilihlah cakrawala padang rumput sapi di sekitar Sungai Molonglo, dan sebuah kota dibangun sesuai dengan rencana Walter Burley-Griffin - seorang warga Chicago.

Pada kesan pertama, rancangan Burley-Griffin ini jika dilihat dari puncak Gunung Ainslie, semuanya terlihat jelas. Monumen Peringatan Perang Australia berada tepat di bawahnya, sementara ANZAC Parade yang diapit monumen menunjuk langsung ke Gedung Parlemen di sisi lain Danau Burley Griffin, pusat kota buatan manusia.


Myanmar

Naypyidaw adalah bacaan untuk Nay Pyi Taw, adalah ibu kota nasional Myanmar yang sekarang, berlokasi di Desa Kyatpyae, Kota Pyinmana, Provinsi Mandalay.

Kyatpyae dalam bahasa Myanmar berarti 'lari di bawah perjuangan'. Naypyitaw berarti 'Kota/Istana Kerajaan', tetapi juga diartikan sebagai 'singgasana raja'". Kegiatan administrasi ibu kota Myanmar secara resmi dipindahkan ke sebuah lahan kosong sekitar dua mil barat Pyinmana pada 6 November 2005.

Naypyitaw kurang lebih 320 kilometer di sebelah utara Yangon. Nama resmi ibu kota diumumkan pada saat Hari Angkatan Militer (Armed Forces Day) pada Maret 2006.

Kota ini Dikatakan begitu luas sehingga perlu dilihat dari luar angkasa (atau Google Earth).

Pyinmana dahulu adalah markas dari Tentara Kemerdekaan Burma (Burma Independence Army) dan direorganisasikan ke Tentara Nasional Burma(Burma National Army) oleh Kekaisaran Jepang. Di Pyinmana inilah tentara dan karyawan Tentara Nasional Burma dilatih.

Kemudian Tentara Nasional Burma berubah jalur, menjalin kerja sama dengan pejuang gerilya, dan operasi tersebut adalah sebuah keberhasilan bagi orang-orang Burma. Pyinmana menjadi sebuah icon dalam Tentara Burma, sebagai tempat di mana 'penyerang superior' dikalahkan oleh orang-orang Burma


Brazil

Ibukota Brasil dulunya adalah Salvador, yang dekat dengan banyak perkebunan terbesarnya. Pada 1763 emas mendorong perekonomian dan dipindahkan ke Rio de Janeiro, di wilayah pertambangan utama. Pindah ke Rio karena kota Rio berada di pantai selatan Brasil sehingga ibukota baru ini, dekat berada di tengah-tengah negara.

Lanjut, Ibukota brasil akhirnya dipindahkan ke Brasilia. Hanya membutuhkan 41 bulan untuk membangun Brasilia, yaitu, antara tahun 1956 hingga 1960, dan terlihat seperti pesawat terbang dari atas. Oscar Niemeyer adalah arsitek utama pembangunan kota ini.

Karya-karyanya termasuk Katedral khas Brasilia dengan menara lonceng setinggu 66 kaki, pintu masuknya melalui terowongan bawah tanah, dan di dalamnya ada tiga malaikat yang ditangguhkan oleh kabel baja. Bangunan dan pusat bisnis berdiri disini. Berharap untuk melihat deretan hotel, diikuti oleh deretan supermarket, kemudian deretan pabrik, dan sebagainya.

Brasilia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat (lebih dari tiga juta penduduk tinggal di sana saat ini) dan di antara kota-kota besar Amerika Latin, kota ini memiliki PDB per kapita tertinggi. Keberhasilan pergeseran ibukota ini mengilhami banyak negara untuk melakukan hal yang sama.


Kazakhstan

Almaty, di Kazakhstan selatan, adalah ibu kota Kazakhtan ketika negara itu memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991.

Para pemimpin pemerintah memindahkan ibu kota ke kota utara Astana pada Desember 1997 karena Almaty memiliki sedikit ruang untuk berkembang, memiliki risiko lebih besar mengalami gempa bumi, dan sangat dekat dengan negara lain yang baru merdeka, Kirgistan, yang dikhawatirkan akan terlihat turbulensi politik.

Perubahan lain terjadi tahun ini. Astana berganti nama menjadi Nur-Sultan untuk menghormati keluarnya pemimpin Nursultan Nazarbayev. Mantan presiden juga diberikan gelar "pahlawan rakyat" dan "pahlawan buruh".

Belize

Belize adalah sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, berbatasan dengan Meksiko di sebelah barat laut dan Guatemala di barat dan selatan. Honduras terletak 75 km ke arah tenggara. Dalam bahasa Spanyol, Belize seringkali disebut Belice.

Dahulu disebut Honduras Britania hingga 1973, Belize adalah bekas jajahan Britania Rayaselama lebih dari satu abad. Nama "Belize" diambil dari Sungai Belize.

Baca juga:



Pada tahun 1961, Badai Hattie merusak Kota Belize, bekas ibukota Belize, sehingga pada tahun 1970 Belmopan, sebuah kota pedalaman, menjadi ibu kota baru. Perubahan itu untuk mengurangi ancaman badai lain.

Meskipun merupakan satu-satunya negara berbahasa Inggris di Amerika Tengah, sangat sedikit orang Inggris mengunjungi Belize. Tapi itu adalah salah satu tempat teraman di kawasan ini, dengan pantai-pantai keemasan, reruntuhan suku Maya, dan beberapa tempat menyelam terbaik di dunia.


Nigeria

Pada 1991, ibukota Nigeria, negara terpadat di Afrika, dipindahkan dari Lagos karena kepadatan penduduk.

Abuja merupakan ibu kota Nigeria yang sekarang, letaknya di Afrika sebelah barat. Ketika diputuskan memindahkan ibu kota nasional dari Lagos pada 1976, sebuah wilayah ibu kota dipilih untuk lokasinya yang dekat dengan pusat negara. Kota terencana ini terletak di pusat Teritori Ibu Kota Federal. Abuja menjadi ibu kota resmi Nigeria pada 1991.

Abuja, sebuah kota terencana di Nigeria tengah, dianggap lebih netral bagi banyak kelompok etnis dan agama di Nigeria.

Cakrawala kota didominasi oleh Aso Rock, sebuah monolit yang sangat besar. Hampir 2,5 juta orang sekarang menempati rumah-rumah di Abuja.


Tanzania

Pada tahun 1970-an, ibukota Tanzania mulai bergerak dari pesisir Darussalaam ke Dodoma yang terletak di pusat kota, yang hingga saat itu merupakan kota pasar kecil berpenduduk 40.000.

Perubahan itu dilakukan untuk memusatkan modal di dalam negeri dan menciptakan peluang ekonomi baru. Dodoma juga dipilih karena lokasinya di persimpangan jalan utama, ruang di sekitarnya untuk pengembangan, dan iklimnya yang menyenangkan.

Kota ini merupakan kota terbesar di negara itu dan merupakan ibu kota Region Dodoma. Kota ini menjadi ibu kota negara sejak tahun 1973. Kota ini memiliki luas wilayah 2.576 km² dengan memiliki jumlah penduduk 324.347 jiwa (2002). Sebagian besar penduduknya beragama Katolik.

Namun, setelah beberapa dekade, langkah ini masih belum lengkap, dengan banyak kantor pemerintah dan kedutaan yang menentang peralihan tersebut.


Pantai Gading

Pada tahun 1983, Yamoussoukro menjadi ibu kota Pantai Gading.

Ibukota baru ini adalah kota kelahiran Presiden Cote d'Ivoire, Felix Houphouet-Boigny, yang ingin memacu pembangunan di wilayah tengah Pantai Gading.

Namun, seperti halnya Tanzania, banyak kantor pemerintah dan kedutaan besar tetap berada di bekas ibu kota, Abidjan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.