5/01/2019

Darah Emas: Golongan Darah Paling Langka dan Paling Berharga di Dunia

Darah Emas, atau darah Rh-null adalah jenis darah yang sangat langka yang hanya teridentifikasi pada 43 orang di seluruh dunia dalam 50 tahun terakhir.

Darah ini dicari baik untuk penelitian ilmiah dan transfusi darah, walaupun namanya darah emas, tapi darah emas ini sangat berbahaya bagi orang-orang yang memilikinya, karena kelangkaannya.

Darah emas, Rh-null, Darah Biru, Gold blood

Untuk memahami darah emas, penting juga untuk memahami bagaimana golongan darah bekerja. Darah manusia mungkin terlihat sama pada semua orang, tetapi sebenarnya sangat berbeda.

Di permukaan setiap sel darah merah, memiliki hingga 342 antigen, molekul yang memicu produksi protein khusus yang disebut antibodi, dan tidak adanya antigen tertentu yang menentukan jenis darah seseorang.

Sekitar 160 antigen ini dianggap umum, artinya mereka ditemukan pada sel darah merah kebanyakan manusia di planet ini. Jika seseorang kekurangan antigen yang ditemukan pada 99 persen dari semua manusia maka darah mereka dianggap langka, dan jika mereka kekurangan antigen yang ditemukan pada 99,99 persen manusia, darah mereka dianggap sangat langka.

342 antigen yang diketahui milik 35 sistem golongan darah, di mana sistem Rh, atau 'Rhesus', adalah yang terbesar, dengan 61 antigen. Tidak jarang manusia kehilangan salah satu antigen ini.

Misalnya, sekitar 15 persen Kaukasia kehilangan antigen D, antigen Rh paling signifikan, menjadikannya RhD negatif. Sebaliknya, golongan darah Rh negatif jauh lebih jarang pada populasi Asia (0,3 persen). Tetapi bagaimana jika manusia kehilangan semua antigen 61 Rh?

Baca juga:


Sampai setengah abad yang lalu, dokter percaya bahwa embrio semacam itu bahkan tidak dapat bertahan hidup di dalam rahim, apalagi berkembang menjadi orang dewasa yang normal dan sehat.

Tetapi pada tahun 1961, seorang wanita Aborigin Australia diidentifikasi memiliki darah Rh-null, yang berarti ia tidak memiliki semua antigen dalam sistem darah Rh, yang tidak masuk akal pada saat itu. Sejak itu, hanya 43 orang dengan darah Rh-null yang telah diidentifikasi.

Darah r-nol disebut "darah emas" karena dua alasan. Yang paling penting adalah kurangnya antigen Rh sepenuhnya berarti dapat diterima oleh siapa saja dengan golongan darah langka dalam sistem darah Rh.

Potensi penyelamatan nyawanya sangat besar sehingga meskipun sampel darah yang disumbangkan di bank darah dianonimkan, para ilmuwan sering mencoba melacak donor darah Rh-null untuk secara langsung meminta mereka untuk menyumbang lebih banyak darah lagi.

Namun, karena kelangkaannya, darah emas hanya diberikan kepada kasus-kasus yang paling ekstrim, karena hampir mustahil untuk diganti.

Tetapi darah emas juga memiliki nilai ilmiah yang sangat besar karena dapat membantu para peneliti mengungkap misteri peran fisiologis dari sistem Rh yang sangat kompleks.

Darah Rh-null dapat diberikan kepada siapa saja dengan golongan darah Rh negatif, itulah sebabnya para ilmuwan sering mengatakan bahwa itu sepadan dengan bobotnya dalam emas, tetapi bagaimana jika seseorang yang lahir dengan golongan darah yang tidak biasa ini membutuhkan transfusi darah.

Itu akan menjadi masalah besar, karena mereka hanya bisa menerima darah Rh-null. Ini membuatnya sangat berbahaya untuk kehidupannya. Jika mereka menerima darah dari seseorang yang 'positif' untuk salah satu dari 61 antigen Rh yang tidak mereka miliki, antibodi mereka sendiri dapat bereaksi dengan sel darah donor yang tidak kompatibel, memicu respons sistem kekebalan tubuh yang berpotensi mematikan. 😱

Pada 2014, The Atlantic menulis tentang Thomas, satu dari 43 orang yang diketahui memiliki darah Rh-null, dan tindakan pencegahan yang telah diambilnya sepanjang hidupnya untuk menghindari menemukan dirinya dalam situasi di mana ia memerlukan transfusi darah.

Sebagai seorang anak, orang tuanya tidak mengizinkannya pergi ke perkemahan musim panas karena takut akan mengalami kecelakaan, dan sebagai orang dewasa, ia selalu mengemudi dengan sangat hati-hati dan tidak pernah bepergian ke negara-negara yang kekurangan rumah sakit modern.

Dia juga membawa serta kartu khusus yang mengkonfirmasi golongan darahnya yang sangat langka, kalau-kalau dia pernah dirawat di rumah sakit.

Mungkin kalian berfikir kalau memiliki darah emas adalah suatu nikmat tapi juga kutukan. Di satu sisi, kamu memiliki kekuatan untuk menyelamatkan banyak nyawa melalui donor darah, tetapi kamu juga hidup dengan pikiran yang menakutkan bahwa kamu membutuhkan transfusi darah sendiri yang sulit untuk ditemukan.

Bagaimana pendapat kalian tentang darah emas ini? Apakah kamu juga salah satu manusia yang memiliki darah emas dalam tubuhmu? Tulis komentar kalian dibawah πŸ‘‡πŸ»

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.