Blogging Tips, Entertainment and Kpop


2019-03-27

Ilmuwan Mengungkapkan Cara Mengontrol Mimpi, Menurunkan Stres dan Kecemasan

Jika kamu pernah melihat film Inception, kamu mungkin familiar dengan Lucid Dreaming. Lucid dreaming adalah mimpi ketika seseorang sadar mereka sedang bermimpi. Ini adalah semacam kondisi hibrid antara tidur dan terjaga, Istilah ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan Belanda, Frederik van Eeden. Ketika mimpi sadar, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya. Dan sepertinya ilmuwan menemukan cara untuk menggunakan keadaan ini untuk tujuan yang baik.

Lucid Dreaming
Image Instagram @luciddreamsocity

Lalu, bagaimana tidur secara sadar dapat membantu kita mengatasi stres, kecemasan, dan beberapa masalah psikologis lainnya. Baca artikel ini sampai selesai 😊

Ada kesamaan dalam aktivitas otak antara lucid dreaming dan psychosis. Jadi pada dasarnya ketika kamu melihat mimpi, kamu merasakan hal yang sama seperti orang yang memiliki gangguan psikologis. Kedengarannya aneh, kan? Pengetahuan ini membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa mengendalikan mimpi bisa sangat terapeutik.

Secara umum, para ilmuwan mengklaim bahwa:

Orang yang menderita mimpi buruk kadang-kadang dapat dilatih untuk bisa lucid dream, sehingga mereka dapat bangun dengan sadar.

Kamu dapat membuat mimpimu sendiri untuk menjadi apa yang kamu inginkan. Bayangkan saja bagaimana rasanya mengalami saat-saat indah seolah-olah itu nyata! Tubuh fisik dipengaruhi oleh tindakan lucid dreaming dan mendapatkan emosi positif yang membantu mengobati stres dan kecemasan.

Bagi seniman, mereka bisa mendapatkan inspirasi dari mimpi. Seperti Mendeleev dan tabel kimianya yang dia lihat saat tidur.

Kamu bisa memindahkan diri ke pulau yang indah dengan pantai berpasir putih yang eksotis, menjadi seorang bintang terkenal atau menjadi salah satu member BLACKPINK. Kamu adalah bos dari mimpimu sendiri. Menjadi perhatian saat tidur membantu untuk merasa lebih bahagia dan dapat menurunkan stres dan kecemasan.

Lucid dream

Kamu mungkin jadi ingin tahu tentang bagaimana memulai lucid dream. Prosesnya disebut mimpi inkubasi. Kamu perlu melatih adegan di pikiranmu di siang hari sehingga di malam hari saat kamu tidur, adegan tadi akan muncul dalam mimpi. 😴😴😴

Jika kamu ingin menyelesaikan masalah tertentu dalam mimpi, kamu harus memikirkannya sebelum tidur. Biarkan itu menjadi hal terakhir dalam pikiranmu sebelum jatuh tertidur. Misalnya, jika ini adalah masalah pribadi, kamu harus memikirkan orang yang kamu temui.

Jika kamu seorang seniman yang kehilangan inspirasi, bayangkan sebuah kanvas kosong. Selama tidur, pikiran bawah sadarmu akan berusaha mencari solusi. Makannya jangan nonton film horror sebelum tidur agar terhindar dari mimpi menyeramkan.

Baca juga:

Selain itu, juga bagus untuk membuat buku harian tentang mkmpi. Tulis mimpimu segera setelah kamu bangun, sehingga kamu tidak akan lupa nanti. Perlahan, kamu akan menemukan tanda-tanda umum di antara semua mimpimu.

Saat malam, ketika kamu mulai bermimpi, katakan "saya akan safmdar kalau saya sedang bermimpi". Ini akan membantumu keluar dari kesadaran.

Tapi sekarang, teknologi benar-benar bekerja sangat cepat dan para ilmuwan bahkan telah menciptakan perangkat lucid dreaming. Alat tersebut didasarkan pada stimulasi listrik ke kepala dan mereka mengatakan, alat itu 100% aman.

Penelitian telah membuktikan bahwa mimpi membantu kita memproses emosi dan ketakutan kita. Setelah kamu terbuka untuk pikiran bawah sadar, kamu dapat menemukan kedamaian dalam diri, menyembuhkan trauma psikologis, dan sebagai hasilnya, mengurangi stres dan kecemasan.

Pernahkah kalian mengalami lucid dreaming? Apa kalian juga ingin mengendalikan mimpi kalian? Silakan tulis komentar kalian di bawah ini! πŸ‘‡


Be First to Post Comment !
Posting Komentar