4/02/2019

Cara Menggunakan Keywords Pada Pinterest untuk Mendapatkan Traffic Blog

Cara Menggunakan Pinterest SEO Untuk Mendapatkan Traffic Lebih Banyak


Semakin kesini Pengguna Pinterest terus berkembang dan tidak salah jika nanti Pinterest berada di puncak platform Social Media, apalagi jika kalian seorang Blogger, Pinterest benar-benar bisa membantu menambah pengunjung blog.

Tapi, apakah kalian sudah melakukan SEO pada Pinterest kalian? Apakah kalian menggunakan kata kunci Pinterest untuk memastikan pin-mu muncul di hasil pencarian Pinterest?

Pinterest keywords

Kesalahan terbesar bagi pengguna Pinterest baru adalah TIDAK melakukan upaya apapun untuk SEO pada Pinterest mereka.

Banyak mungkin dari kalian yang bertanya-tanya, "apa itu Pinterest SEO?". Seperti yang kita ketahui jika kalian sudah lama di dunia blogging, SEO adalah singkatan dari Search
Engine Optimization.

Yang artinya mengoptimalkan Pinterest agar muncul pada mesin Pencari. Mesin pencari disini bisa mesin pencari Pinterest itu sendiri dan juga mesin pencari Google.

Sebenarnya, Pinterest tidak seperti jejaring sosial seperti Instagram dan Twitter. Yang berarti kalian tidak perlu meluangkan waktu dan energi untuk mendapatkan banyak followers saat kalian baru memulai. Bahkan, kalian bisa mendapatkan banyak traffic dari Pinterest tanpa memiliki banyak pengikut.

Bayangkan, jika sesorang mencari melalui pencarian Pinterest dan merka melihat pin kalian berada di posisi pertama hasil pencarian, lalu mereka meng-click pin-mu dan mengunjungi link pada pin yang mengarah blog kalian. Secara otomatis kalian mendapat pengunjung dari Pinterest.

Lalu bagaimana caranya agar muncul pertama di pencarian Pinterest?. Seperti yang saya singgung diatas kita harus melakukan Pinterest SEO, dengan menggunakan kata kunci populer dalam deskripsi pin, bersama dengan beberapa tempat penting lainnya.

Pinterest adalah mesin pencari. Mereka mengatakan sekitar 83% pinner menggunakan fitur pencarian setiap hari untuk menemukan hal-hal yang mereka cari. 😲

Jika kenyataannya benar, maka kalian bisa melihat pin kalian dilihat oleh ribuan, bahkan puluhan ribu pinner hanya dengan muncul di hasil pencarian, tanpa harus memiliki banyak pengikut.

Baca juga:



Jadi, sekarang kamu paham, apa jadinya jika kamu mengoptimalkan pin-mu dengan kata kunci di Pinterest? Dan tahukah kamu kalau kamu bisa menargetkan kata kunci (keywords) untuk pin-mu?

Keyword research di Pinterest sangat penting! Jika kamu tidak mulai melakukan ini dengan benar maka kamu mungkin meninggalkan banyak pengunjung begitu saja.

Saya sarankan kamu meluangkan waktu untuk riset kata kunci Pinterest populer. Hari ini, saya akan menunjukkan kepadamu bagaimana cara menemukan kata kunci dengan mudah dan sempurna, yang akan membuat pin-mu melejit ke posisi atas hasil pencarian.

Penempatan Kata Kunci SEO Pinterest:

1. Nama File Gambar

Saat kamu membuat pin, pastikan dulu kalian sudah menamai file gambar yang akan di jadikan pin. jangan biarkan file gambar dengan nama file default seperti: IMG_001.JPG. ubah nama file gambar sesuai apa yang ada pada gambar, misal: Pantai-Bali.JPG. Pinterest bisa membaca nama file ketika kamu mengunggahnya, jadi pastikan kami menamainya, bisa juga dengan minyisipkan kata kunci.

2. URL

Ketika kamu membuat posting blog baru, kamu harus sudah memiliki ide bagus tentang kata kunci utama apa yang ingin kamu gunakan. Pinterest dapat membaca URL posting blog. Kadi pastikan URL post kalian mengandung kata kunci. Misal: https://www.undilife.com/pinterest-keywords.html dsb.

3. Deskripsi Pin

Meskipun Pinterest tidak lagi menekankan pada uraian Pin, mereka tetap membacanya untuk mengetahui tentang apa pin yang kamu buat. Di sinilah kamu bisa menambahkan kata kunci inti, bersama dengan kata kunci panjang (LSI).

Gunakan 3-5 kata kunci dalam deskripsi pin. kamu bisa memsaukkan kata kunci tadi menjadi sebuah kalimat, agar enak dibaca.

Selain kata kunci, kamu juga bisa menambahkan beberapa hashtag yang relevan di akhir deskripsi pin, sehingga pin-mu akan muncul di bawah tagar populer. Hasil hashtag di Pinterest tercantum dalam urutan kronologis.

Ada juga alat pencari kata kunci GRATIS yang bisa kamu gunakan, yaitu Pinterest Keyword Tool. Tool ini membuat seluruh proses pencarian kata kunci jauh lebih cepat.

Itu tadi cara mudah menemukan kata kunci pada Pinterest, untuk Pinterest SEO dan menambah traffic pada blog. Jika kalian meras kurang paham atau mungkin ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggal komentar kalian dibawah. Have a good day 😘
Pin ini di Pinterest-mu!

Menemukan kata kunci pada Pinterest

Search Tag: pinterest keywords tool, pinterest optimized keywords, pinterest search keywords, popular pinterest keywords, find pinterest keywords, pinterest seo keywords, pinterest add keywords

Question Tag:
what are pinterest keywords?, how to find pinterest keywords?, how to use pinterest keywords, Apa itu Pinterest Keyword? Cara menemukan Kata Kunci pada Pinterest.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.