4/22/2019

30 Fakta Kucing: Unik dan Aneh Yang Jarang Diketahui 🐱

Fakta Kucing


Kucing adalah hewan yang luar biasa imut dan memiliki kemampuan untuk mengalihkan perhatian kita saat melihatnya. Tapi apa sebenarnya yang membuat mereka sangat lucu dan istimewa? Ini semua karena sifat dan kepribadian mereka yang penuh kasih sayang dan mandiri.

Fakta unuk kucing, Fakta lucu kucing, fakta aneh kucing

Atau mungkin ini tentang polah tingkah lucu mereka. Apa pun alasannya, ada saja yang membuat kita jatuh hati pada kucing. Jika kamu pecinta kucing dan punya kucing dirumah, sejauh mana kalian tahu fakta-fakta tentang kucing?

Berikut ini 30 fakta menarik tentang salah satu hewan peliharaan favorit umat manusia, Kucing.

1. Kucing dapat menghasilkan lebih dari 100 suara vokal yang berbeda 🐱
Sebagai perbandingan, anjing hanya mampu membuat 10 suara. Sulit untuk menemukan orang yang belum pernah mendengar kucing mengeong dan mendengkur, mendengus, tertekan, dan sedikit mencicit ketika mereka menginginkan sesuatu.

Mereka juga memiliki semacam suara berderak yang mereka hasilkan ketika mereka melihat mangsa di kejauhan dan lolongan yang mereka gunakan pada segala jenis kesempatan.

2. Mereka dapat mengenali suara pemiliknya πŸ—£
Kucing dapat membedakan antara suara orang asing dan suara pemiliknya. Namun, dalam 9.000 tahun evolusi mereka, mereka selalu menjadi makhluk bebas dan memilih untuk tidak mematuhi pemilik mereka, tidak seperti anjing yang selalu patuh.

3. Meskipun banyak budaya menganggap kucing hitam sebagai simbol nasib buruk, mereka jauh lebih mencintai daripada yang lain 🐱

Di The Midlands of England, kucing hitam dianggap sebagai hadiah pernikahan yang sangat baik. Di Prancis, diyakini bahwa memiliki kucing dengan warna hitam akan membawa keberuntungan. Di Jepang dan negara-negara Asia lainnya, memiliki kucing hitam membawa keburuntungan finansial, tapi kalau di Indonesia kucing hitam dikaitkan dengan hal mistis. 🐱

4. Saat ini ada 44 jenis kucing yang terdaftar di dunia 🐱🐈🐹
3 ras yang paling populer adalah kucing Persia, Maine Coon dan Siam.

5. Kucing pertama dan satu-satunya yang pergi ke luar angkasa bernama FΓ©licette (atau "Astrocat"), yang berasal dari Prancis πŸš€

Felicette lepas landas pada tahun 1963 dan mencapai semua jalan ke luar angkasa. Felicette memiliki elektroda yang ditanamkan di otaknya yang mengirimkan sinyal ke Bumi. Untungnya, kucing itu kembali dengan selamat dari perjalanan.

6. Mereka memiliki pendengaran yang lebih sensitif daripada manusia dan anjing 🐢
Manusia dapat mendengar dari kisaran 20 Hz hingga 20 kHz, dan anjing dapat menangkap hingga 40 kHz, sementara kucing mendengar frekuensi hingga 64 kHz.

7. Kecepatan super πŸƒ‍♂️
Selain pendengarannya yang super, kucing dapat mencapai kecepatan lari 50 km per jam. Bandingkan dengan manusia tercepat di dunia, Usain Bolt yang berlari hingga 45 km per jam!

Baca juga:



8. Mendengkur adalah salah satu hal paling mendasar yang dilakukan kucing.
Namun, para ilmuwan masih belum yakin bagaimana cara kerjanya. Kebanyakan dokter hewan percaya itu ada hubungannya dengan getaran pita suara yang rumit. Otot di laring terbuka dan menghalangi jalan udara dengan kecepatan 25 kali per detik.

Laring adalah saluran pernapasan yang membawa udara menuju ke trakea Fungsi utama laring adalah untuk melindungi saluran pernapasan dibawahnya dengan cara menutup secara cepat pada stimulasi mekanik, sehingga mencegah masuknya benda asing ke dalam saluran napas. Laringmengandung pita suara (vocal cord).

9. Kucing biasanya memiliki 1 hingga 9 anak sekali melahirkan.
Pada tahun 1970, seekor kucing Burma-Siam dari Oxfordshire, Inggris melahirkan 19 anak kucing yang 15 diantaranya selamat. Itu memberinya Rekor Dunia Guinness!

10. Kucing memiliki cara yang menarik untuk memberi tahumu siapa bosnya 😎
Jika mereka membiarkan kotorannya tidak tertutup, mereka berusaha menunjukkan kepadamu siapa bosnya, terutama jika ada kucing lain di rumah.

Ini berasal dari nenek moyang kucing sendiri, yang menandai wilayah mereka dan menunjukkan kekuasaan mereka atas kucing lain dengan cara itu.

11. Otak kucing lebih mirip otak manusia daripada anjing 🧠
Otak Felines memiliki lipatan permukaan dan struktur seperti kita. Ia juga memiliki daerah yang bertanggung jawab untuk hal-hal yang sangat mirip dengan manusia.

12. Kucing pertama, atau kerabat prasejarahnya, hidup di Bumi 30 juta tahun yang lalu πŸ—Ώ
Ini dikenal sebagai Proailurus lemanensis yang berarti "kucing pertama" dalam bahasa Yunani. Keluarga kucing domestik muncul 12 juta tahun yang lalu.

13. Kucing liar terbesar adalah harimau Siberia 🐯
Harimau Siberia panjangnya bisa mencapai 3,7 m dan memiliki berat hingga 318 kg. Silsilah kucing terbesar adalah Maine Coon yang memiliki berat maksimal 11 kg, 2 kali lebih besar dari ukuran rata-rata kucing.

14. Kucing benci air πŸ’§
Kucing tidak suka air karena bulunya tidak dibuat untuk melindunginya dari air secara efisien. Namun, ada jenis kucing tertentu dari Asia Tengah yang suka berenang, kucing ini disebut Van Turki. Mantelnya memiliki tekstur khusus yang membuatnya tahan air.

15. Jenis kucing tertua adalah Mau Mesir, Nenek moyang Kucing
4.000 tahun yang lalu. Jika kamu pernah bepergian ke Mesir, kata "kucing" dikenal sebagai "mau".

16. Beberapa orang sangat-sangat mencintai kucing 🐱🐱
Little Nicky (lahir 17 Oktober 2004) adalah klon kucing yang diproduksi secara komersial pertama. Little Nicky diproduksi dari DNA seekor kucing Maine Coon berusia 19 tahun bernama Nicky yang mati pada tahun 2003.

Pemilik Little Nicky, seorang wanita Texas utara bernama Julie (yang nama belakangnya tidak dipublikasikan) berani membayar $ 50.000 untuk mendapatkan kloning Nicky.

17. Sekelompok kucing 🐈🐈🐈
Dalam bahasa Inggris, ada kata khusus untuk merujuk pada sekelompok kucing yang dikenal sebagai "clowder".

18. Perjalanan Psikis πŸ—Ί
Kita semua pernah mendengar cerita tentang kucing yang menemukan jalan pulang, meskipun mereka jauh dari pemiliknya. Bakat ini dikenal sebagai perjalanan psikis.

Diyakini bahwa hewan-hewan ini memiliki sel khusus bermagnet di otak mereka yang berfungsi sebagai kompas internal, sehingha mereka dapat menemukan jalan menggunakan sudut sinar matahari.

19. Mereka tidak saling mengeong sesama kucing
Walaupun, mereka bisa mendengkur, menggeram, dan mendesis pada kucing lain, tetapi kucing hanya mengeong pada manusia.

20. Mereka dapat memanipulasi manusia 😍
Ketika kucing membutuhkan sesuatu dari pemiliknya, mereka mengadaptasi suara meow mereka untuk memanipulasi manusia. Siapa yang akan menolak kepada anak kucing ketika mereka terdengar seperti bayi yang menangis?

21. Kelembutan Bulu Kucing 😻
20.000 bulu per sentimeter persegi adalah apa yang membuat kucing begitu menggemaskan dan mengembang.

22. Pilihan kaki 🐈
Sama seperti halnya manusia, kucing juga bisa terbiasa dengan tangan kanan atau kiri. Sebagian besar kucing betina tidak kidal, sedangkan jantan biasanya kidal.

23. Pemburu tikus paling sukses πŸ€
Namanya Towser dan dia tinggal di Skotlandia tempat dia dengan berani melindungi toko gandum dari tikus. Sejauh inj Towser menangkap
30.000 tikus dan patung perunggu dirinya dibuat untuk menghormatinya ketika dia mati.

24. Jantung Berdetak Cepat πŸ’—
Jantung kucing berdetak dua kali lebih cepat daripada manusia, dari 110 hingga 140 denyut per menit.

25. Sangat sensitif 😾
Kucing sangat sensitif ketika menangkap getaran. Beberapa dari mereka bisa merasakan gempa bumi 10 atau 15 menit sebelum manusia.

26. Suhu dapat memengaruhi warna kucing. 🌑
Pada 1930-an, fenomena ini ditemukan pada kucing siam. Trah ini memiliki gen albino yang berubah ketika suhu naik di atas 36° C. Mereka kebanyakan memiliki warna gelap di kaki, ekor, telinga, dan wajah mereka (ekstremitas tubuh), sedangkan sisa bulu mereka tetap putih krem. Ini juga terjadi pada kucing Himalaya dan keturunan Timur lainnya.

27. Kucing pertama yang muncul dalam serial kartun adalah Felix pada tahun 1919.
Kucing kartun pertama adalah Felix the Cat. Tom, mungkin kucing animasi paling terkenal, dan menjadi bintang terkenal berkat film pendek berjudul "Puss Gets the Boot" 21 tahun kemudian. "Cats (musical)" adalah musikal kucing terbesar sepanjang masa, ditayangkan perdana di London pada 1981.

28. Traveler Sejati ✈
Hamlet, seorang musafir sejati, adalah anak kucing yang melarikan diri dari kandangnya di udara dan menghabiskan 7 minggu di pesawat terbang, terbang dengan jarak total lebih dari 600.000 km.

29. Seekor kucing jutawan πŸ’°
Tommaso adalah kucing liar yang meminta makanan di jalan-jalan Roma sampai ia bertemu dengan calon pemiliknya, Maria Assunta. Atas semua cinta yang diberikan kucing itu, wanita yang tidak memiliki anak ini memutuskan untuk mewarisi Tommaso pantas dengan kekayaannya yang bernilai 13 juta dolar atau setara dengan Rp.182 Milyar.

Karena tidak mungkin menyerahkan semua ini pada seekor binatang, Maria mengubah perawatnya menjadi pelindung setia kucing.

30. Susu bisa berdampak buruk bagi kucing πŸ₯›
Jika kamu pikir susu adalah hadiah terbaik yang bisa kamu berikan kepada kucing, dengan alasan itu adalah produk alami, berarti kamu salah. Seperti kebanyakan mamalia dewasa, kucing juga bisa tidak toleran dengan laktosa.

Setelah kalian membaca post ini apakah kalian sudah tahu sebelumnya tentang fakta-fakta kucing tadi? Atau malah baru tahu. Apakah kalian tahu fakta kucing yang menarik lainnya? Kami ingin membacanya di bagian komentar!

Search Tag: Fakta kucing yang jarang diketahui, fakta aneh tentang kucing, pengetahuan tentang kucing, fakta unik kucing, fakta tentang sifat kucing, fakta kucing dalam islam, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.