Blogging Tips, Entertainment and Kpop

2018-10-10

Beberapa Hal Yang Harus Blogger Hindari

Jenis blog apa yang kamu baca setiap hari? Apakah blog tersebut lucu, berwawasan luas, menceritakan sesuatu, teknologi, atau emosional? Yang pastinya blog yang kamu kunjungi memiliki ciri khas atau tema masing-masing. Ya karena kebanyakan blogger fokus pada niche tertentu dan fokus pada tujuan untuk menarik pembaca dengan niche tersebut. Sepertinya ada banyak postingan di luar sana yang membahas tentang tutorial blogging, seperti apa yang harus dilakukan untuk blog agar banyak pengunjung dan lain-lain. tetapi tidak banyak yang menulis tentang apa yang tidak boleh atau tidak seharusnya dilakukan oleh blogger. Di sini, menurut saya, ada 8 hal yang harus kamu hindari atau jangan kamu lakukan agar tidak erugikan blog milikmu.

Tips trik blogger


Menambahkan "Multiple Pages"

"Multiple Pages" yaitu membuat postingan menjadi beberapa halaman (atau page). Suer buat saya ini sangat mengganggu. Kenapa? Karena kita niatnya mau membaca postingan tersebut, tapi harus klik halaman selanjutnya biar bisa membaca semua isi artikel/post. Saya sering sekali menemukannya di situs berita kaya tribunnews dll. Sedang membaca dengan hikmat dan harus klik tombol baca selanjutnya kan bikin jengkel. Padahal isi artikelnya sedikit alias tidak lebih dari 1000 kata. Memang kalau kalian berniat memberi suatu informasi dalam sebuah post atau artikel, setidaknya mempertimbangkan perasaan si pembaca. So jangan coba coba pasang multiple page di blog kalian.


Tidak Ada Gambar Blog

Kalian tahu tidak, kalau menambahkan gambar pada blog dapat membantu pembaca mengidentifikasi isi posting kalian, loh ko bisa? Ya karena gambar pada post blog juga mewakili isi konten. Misal kita bicara tentang keindahan kota jakarta, trus kalian menambahkan gambar kota jakarta yang indah, itu sudah menggambarkan bahwa artikel tersebut akan membahas indahnya kota jakarta, sehingga pembaca akan tertarik untuk melanjutkan membacanya, ini bisa menghindari bounce rate loh secara tidak langsung. Ingat manusia suka yang berbau visual. Selain itu menambahkan gambar juga berkontribusi dalam memperindah tampilan post atau artikel kalian di blog. Tapi ingat, jangan berlebihan menggunakan gambar. Kecuali memang kalau diharuskan menggunakan banyak gambar.


Tampilan Sidebar

Well, sidebar itu penting menurut saya dan sangat penting bagi para pemburu dolar dari adsense. Ya sidebar biasanya selain terdapat widget seperti popular post, recent post, tag dan lain-lain tapi juga tempat untuk menaruh Iklan. Yang tidak boleh kalian lakukan adalah menaruh banyak sekali iklan di sidebar. Karena ini akan membuat pembaca risih dan tidak fokus saat membaca. Bahkan kadang pembaca menggunakan browser yang mendukung tampilan atau mode baca. Agar yang di tampilkan hanya tulisan atau isi artikel saja. Ini mereka lakukan karena kebanyakan blogger tidak memperhatikan sidebar mereka.


Tidak ada Pin It Button

Ini termasuk penting buat kalian yang punya pinterest. Setelah kalian share post kalian ke pinterest bisa membantu menambah pengunjung blog dari pinterest. Sebenarnya pinterest itu sangat populer. Tapi tidak terlalu populer di Indonesia, karena mereka belum tau kekuatan pinterst buat blogger.


Tidak Share ke Sosial Media

Tidak perlu dijelaskan panjang lebar ya, harusnya sudah paham bahwa sekarang milyaran orang sudah punya dan menggunakan sosial media kapanpun dan dimanapun mereka bisa mengaksesnya. Jadi jangan sia siakan kesempatan ini untuk mendapat pengunjung. Kalian bisa buat halaman di facebook kusus buat blog kalian. Atau bahkan beriklan di facebook dan sosial media lainnya untuk menambah audience. Tapi mending memanfaatkan yang gratis saja, asal teratur menjalaninya. Jangan lupa wajib share ke G+. G+ milik google. Jadi ini membantu banget di pencarian google dan backlink gratis.


Tidak Mengedit Foto

Jujur saya bukan masternya photoshop dan sebangsanya. Tapi saya selalu mengedit foto atau gambar terlebih dahulu untuk menambahkannya ke dalam posting. Buat kalian yang sama dengan saya gaptek dengan photoshop, coba kalian menggunakan Canva atau Pic Monkey untuk mendesign gambar kalain yang nantinya akan di gunakan untuk post. Ini penting loh gaes. Karena gambar juga memberikan keunikan tersendiri bagi blog kita. Jadi tidak asal download di google dan menguploadnya. Buat gayamu sendiri agar dikenal oleh pembaca kita. Skill mu di uji disini.


Posting semaumu

Ok, ini agak susah untuk diterima, kenapa? Karena saat kita menulis blog kita harus mikir keras, tema atau postingan apa yang mau kita publish nantinya. Kita mungkin banyak sekali ide buat menulis. Tapi apakah nanti tulisan itu bakal berguna bagi pembaca, nusa, bangsa dan negara? Ya pasti jawabannya 'tergantung'. Kadang apa yang kita tulis menurut kita ini bagus, tapi orang ga peduli dan ga butuh tulisan tersebut. Karen tulisan tersebut tidak bisa memecahkan masalah mereka. Contoh orang searching tentang cara membuat Burger, tapi kamu menulis tentang bahay a mengkonsumsi burger. Ofcourse mereka memilih postingan yang membahas tentang cara membuat burger. Maka dari itu kita harus riset dulu. Postingan seperti apa si yang lagi sering di cari banyak orang. Yah walaupun ujung ujungnya tidak sesuai dengan niche blog kita, apa boleh buat. Semua keputusan ada pada kalian blogger.


Menurut kalian, apa yang harus dihindari oleh blogger selain beberapa hal diatas?
Be First to Post Comment !
Posting Komentar