Cara Buat Halaman About Me Yang Benar untuk Blogger

06.35.00
Cara buat halaman about me di blog

About Me Page

Saya pernah membaca artikel yang mengatakan bahwa halaman "about me" akan menjadi salah satu halaman yang paling banyak dilihat di blog. Tapi masalahnya, jujur saya tidak menganggap itu benar. Soalnya, halaman "about me" merupakan salah satu halaman yang paling jarang dikunjung di blog saya.

Namun bukan berarti halaman "about me" tidak akan pernah populer. Ini Mungkin karena orang tidak tertarik untuk mengenal lebih banyak tentang saya / si pemilik blog (* tega banget sumpah *).

Mungkin juga orang akan berramai-ramai membaca halaman "about me". Terlepas dari seberapa populernya tentang halaman "about me", sebenarnya memiliki halaman "about me" itu penting.

Mengapa?
Karena memungkinkan pembaca akan mengenal dirimu dan blogmu dengan lebih baik.

Mengapa penting?
Karena orang ingin mengetahui wajah di balik blog. Ketika orang mengenal kamu, ini membantu membangun sebuah koneksi. Jika orang dapat terhubung denganmu , mereka cenderung akan membaca postmu, membagikan postmu, follow blogmu, dan masih banyak lagi (dan siapa tahu nemu jodoh jajaja).

1. Jangan Overthink

Saat menulis sebuah halaman "about me" jangan terlalu over thinking. Ini dibuat untuk halaman blog, bukan untuk melamar kerja, jadi jangan di buat stress. Saran saya adalah mencoba untuk menuliskan unsur-unsur tertentu yang ingin kamu sertakan di halaman "about me". rumusnya sangat sederhana. Ketika kamu menulis halaman "about me", masukkan informasi tentang blogmu, serta informasi tentang siapa kamu (termasuk beberapa informasi menyenangkan tentang kehidupan pribadi kamu). 

Mungkin saat menulis halaman about me, kamu mendapati banyak tekanan (mikir keras), tapi cobalah untuk bersenang-senang dengannya. halaman about me tidak harus sempurna, jadi diri sendiri, dan suatu saat kamu juga bisa mengeditnya jika perlu.

2. Bagaimana cara memformat halaman "about me"

dibawah ini adalah gagasan umum tentang bagaimana kamu dapat memformat tentang halaman about me milik mu sendiri. Saya menggunakan contoh halaman about me milik saya sendiri.

Paragraf #1: Sertakan salam dan informasikan kepada pembaca tentang blog kamu. 

Contoh:
Halo dan selamat datang di UNDI LIFE, sebuah situs blog yang memberikan informasi seputar tips blogging, tutorial blogging, Freebie dan K-Pop News, gratis untuk para blogger.

Paragraf #2: Beri tahu pembaca sedikit tentang latar belakang Kamu karena berkaitan dengan blogmu. Katakan pada mereka apa yang memotivasimu untuk memulai.

Contoh:
Nama saya Undi, dan saya sudah berada di dunia blogging selama lebih dari 4 tahun. Saya pertama kali mulai tertarik dengan blogging saat masih di sekolah menengah tahub 2012. Saat itu, belum banyak yang tertarik dengan dunia blogging terutama di Indonesia, selain itu juga saya ingin berbagi pengetahuan dengan orang banyak, Jadi, saya memutuskan untuk membuat sendiri sebuah blog secara otodidak. Awalny sulit tapi lama kelamaan blogging itu menyenangkan.

Paragraf #3: Beri tahu pembaca apa yang ingin kamu capai dengan blogmu (bagaimana kamu berharap bisa membantu mereka).

Contoh
Pada tahun 2015 saya memutuskan untuk serius menggunakan blog sebagai cara untuk mengarahkan lebih banyak pengunjung ke blog saya. Dalam satu tahun memanfaatkan kekuatan blogging, visitor dan penghasilan saya pun meningkat dua kali lipat. Nah, disinilah tujuan saya untuk membantu blogger lain melakukan hal yang sama. Blogging telah mengubah hidup saya dalam banyak hal, dan saya tahu hal itu juga bisa melakukan hal yang sama untuk Kalian.

Paragraf #4: Sertakan beberapa fakta menyenangkan tentang dirimu. Ini akan memungkinkan pembaca untuk membuat hubungan yang lebih dekat dengan Kamu.

Contoh
Di waktu luang, saya menikmati menghabiskan waktu dengan keluarga dan dua kucing kembarku (Soa dan Qoura), membaca buku, ngopi, nonton drama korea atau film, dan Main game.

3. Pastikan untuk pasang Foto Dirimu sendiri.

Bahkan jika kamu seorang yang pemalu di depan kamera, saya sangat merekomendasikan untuk memasukkan foto kamu ke halaman about me. Foto akan menunjukkan kepada pembaca siapa sebenarnya kamu, seperti apa wajah kamu dan ini akan menciptakan hubungan yang lebih dekat antara kamu dan pembaca/pengunjung blog. Orang sering merekomendasikan untuk menggunakan headshot profesional. Headshots Profesional bagus, tapi tidak diperlukan dalam pilihan saya. Saya malah menggunakan foto selfie :D. Kamu juga bisa memasukkan foto keluarga, hewan peliharaan, atau kegiatanmu di balik blog. Jadi jangan sungkan untuk memperkenalkan dirimu ke pengunjung blog dan menjalin hubungan baik.

4. Hal Lain yang Dapat kamu Sertakan Di akhir halaman About me

Kamu juga dapat menyertakan:
  • Tandatangan
  • Link media sosial milikmu
  • Daftar posting populer atau favoritmu
  • koleksi situs fovorite juga bisa

5. Langkah-langkah membuat halaman baru "About Me"

untuk pengguna blogger pertma masuk ke dashboard > page > new page

Namai halaman baru teraebut dengan nama "about me" atau "about" atau "about us" atau apapun yang sesuai selera kalian. Setelah menamainya tinggal klik publish.

Sebagai kesimpulan, menulis halaman about me bisa mengintimidasi, tapi tidak bagi saya. Jadilah dirimu sendiri dan biarkan pembaca tahu mengapa blogmu sangat cocok untuk mereka, dan kamu akan memiliki halaman About Me yang bagus.

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.