Blogging Tips, Entertainment and Kpop


2019-04-08

Cara Mendorong Lebih Banyak Traffic Menggunakan Pencarian Gambar Google

Di dunia blogging, gambar adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mengapa demikian? Karena pada kenyataannya gambar yang ada pada artikel kita, juga terindeks di google search image, dan bukan tidak mungkin pengunjung datang dari pencarian gambar, hingga pada akhirnya mendarat di blog kita.

Get traffic from google search image

Kita semua tahu bahwa kata kunci, SEO, dan kualitas konten dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung blog. Tapi tetap saja ada banyak metode yang berguna untuk mendapatkan traffic ke blog.

Saya cek Google Search Console saya, dan menemukan bahwa pengunjung blog tidak hanya datang dari pencarian google, melainkan dari link refferal lainya seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan pencarian gambar google.

Jadi mulai sekarang jangan selalu menggunakan strategi lama yang sama berulang kali untuk mendapatkan pengunjung blog.

Hari ini, saya ingin memberi tahu kalian sesuatu yang segar, strategi SEO yang mungkin belum pernah kamu pikirkan, apalagi digunakan sebelumnya.

Saya berbicara tentang menggunakan Pencarian Gambar Google (Google Search Image) untuk mengarahkan lebih banyak pengunjung ke situs web atau blog kita. Sebagian besar konten online adalah keseimbangan teks dan gambar. Teks mendapat banyak perhatian, dan teks pastilah penting. Tetapi gambar juga penting, Sangat penting.

Terkadang, mudah untuk melupakan bahwa gambar juga merupakan konten. Bahkan, gambar adalah bagian penting dari setiap upaya konten marketing. Dan jika orang mencari konten tertulis, masuk akal mereka juga akan mencari konten visual. Di situlah pencarian Gambar Google ikut bermain.

Berapa banyak pengunjung yang diperoleh dari Gambar Google? Dan berapa besar hasilnya?

Sulit untuk mendapatkan angka yang besar dan tepat. Mengapa? Karena, Nate Smith, mantan Manajer Produk pada Google Image mengatakan seperti ini: "Ini bukan statistik yang dipublikasikan kepada publik."

Oke, tetapi apakah berarti kita tidak tahu apa-apa?

Setelah mencari informasi di qoura, saya menemukan beberapa hal.

  • 10.1 dari semua lalu lintas Google adalah untuk images.google.com, lalu 55% untuk google.com, dan 24,7% untuk mail.google.com, itu menunjukkan seberapa besar potongan gambar yang diterima oleh traffic.
  • Google Images telah mengindeks lebih dari 10 miliar gambar. Pada tahun 2010! Sekali lagi, selama 8 tahun terakhir, jumlah gambar yang diindeks mungkin bertambah
  • Menurut Benjamin Ling, selaku Director of Search Products Google. Page view harian Google Image lebih dari 1 Milyar setiap harinya. Dan akan terus bertambah setiap saat.

Jadi maksud saya seperti ini, bagaiman caranya agar kita mendapatkan lebih banyak pengunjung blog melalui pencarian Google Image, yang banyak di remehkan oleh blogger. Saya akan menunjukan bagaimana caranya.

Mengoptimalkan gambar untuk Google

Sebelum kita berbicara tentang mendapatkan lebih banyak pengunjung dengan gambar, kita harus berbicara tentang cara mengoptimalkannya.

Jika kamu terbiasa dengan dasar-dasar SEO, kamu mungkin sudah mendapatkannya.

Mengoptimalkan gambar mirip dengan mengoptimalkan halaman di situs/blog kita untuk Google. Bahkan, posisi peringkat gambar hampir persis seperti posisi peringkat situs atau blog. Sama seperti versi pencarian teks Google, ada posisi yang berbeda, dan beberapa lebih baik daripada yang lain. Gambar pertama setara dengan berada di posisi 1 di halaman 1 dari SERPs.


Tapi, Pencarian Gambar hasilnya lebih padat dibandingkan pencarian web. Ada sekitar 4 atau 5 gambar di setiap baris (jika kamu memperhatikan). Dan, dari perspektif psikologi terhadap visual, orang cenderung memiliki respons yang berbeda terhadap hasil gambar daripada hasil teks. Ini secara alami mengarah pada rata-rata pengguna menyaring banyak gambar.

Apakah itu berarti gambar SEO tidak berharga? Tentu saja, seseorang dapat menemukan gambarmu meskipun itu bukan hasil teratas, bukan?

Ada kemungkinan besar gambarmu bisa hilang di SERP jika tidak mengoptimalkannya. Jadi bagaimana kamu bisa mengoptimalkan gambar? Jawabannya, kamu harus menggunakan gambar SEO.

Pertama, Edit Nama File Foto.

Ini adalah bagian kecil dari gambar SEO. Sebagian besar kamera akan memberi nama default ke setiap gambar yang diambil, entah itu di kamera smartphone maupun kamera yang lain. Biasanya file gambar, secara otomatis dinamai seperti ini DSC_0001.jpg. mulai sekarang ganti file gambarmu sesuai dengan apa yang ada pada gambar. Misal nama filenya "kota-jakarta.png." dsb.

Kedua, selalu modifikasi tag alt gambar.

Alt tag adalah bit metadata yang memberi tahu mesin pencari tentang gambar apa yang kamu upload. Mengedit alt tag berarti membantu indeks mesin pencari memahami gambar dan menaikkan peringkat gambar di mesin pencari, dari alt tag ini kamu akan mendapatkan sedikit peningkatan SEO.

Deskripsi tag alt yang sempurna harus pendek dan kaya akan kata kunci (keywords). Karena tujuan penggunaan tag alt diibaratkan sama dengan membantu tunanetra dengan huruf braile, dan kamu perlu membuat tag alt yang melayani tujuan seperti itu.

Setiap tag alt harus merupakan deskripsi gambar yang akurat dan bukan mengada-ada. Jangan mencoba memanfaatkan mesin pencari dengan memasukkan kata kunci, padahal antara gambar dan kata kunci tidak ada kaitannya.

Ketiga, kompres Gambar atau Foto.

Pada dasarnya kita ingin mengupload gambar yanga jelas atau HD, tapi juga ingin ukuran gambarnya ringan.

Kelihatannya tidak mungkin, tapi hal tadi bisa di atasi dengan cara mengcompresi gambar yang akan kita gunakan untuk blog.

Alat-alat seperti Compressor.io atau Optimizilla.com akan sangat membantu meminimalkan ukuran penyimpanan sekaligus mempertahankan kualitas gambar. Jika kamu ingin mengcompresnya di android, bisa download aplikasi pengcompres gambar di Play Store.

optimizilla untuk kompres gambar online


Beberapa cara untuk menggunakan Penelusuran Gambar untuk traffic tambahan.

Buat gambar unikmu sendiri.

Karena menurut saya gambar di layanan stock foto tidak semuanya bagus dan juga sudah banyak yang pakai. Kalaupun ada yang lebih bagus, kamu harus membayarnya.

Sebagian besar stock gambar kurang mencerminkan kepribadian pemilik blog atau situs. Lebih baik menggunakan foto sendiri yang di personalisasikan untuk brand.

Gambar asli akan mengalahkan stok gambar setiap hari dalam seminggu

Namun, untuk keunggulan SEO tambahan, kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan gambar khusus. saya juga membuatnya sendiri untuk semu post saya, terutama yang membahas tentang Blogging, contoh milik saya seperti dibawah ini:

contoh gambar untuk blog


Mengapa?. Karena, manfaat terbesar membuat gambarmu sendiri berhubungan langsung dengan SEO.

Foto asli hanya dapat ditelusuri kembali ke blog atau situs web sendiri. Dan mengapa itu penting? Jika seseorang mencari gambar untuk digunakan, mereka mungkin ingin memberikan kredit dalam bentuk backlink.

Jika kamu menggunakan foto stok, itu berartu situsmu bukan sumber aslinya. Dan siapa saja dapat menautkan link ke situs stok foto yang bukan milik kamu.

image for backlink

Berita baiknya adalah kebanyakan orang ingin menggunakan gambar asli dan bukan stok untuk alasan yang sama persis seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Jadi, jika gambarmu original, berkualitas tinggi, dan menarik secara visual, mereka lebih cenderung akan memilihnya. Tetapi yang lebih penting, gambar-gambar ini akan muncul di situsmu terlebih dahulu di SERPs. Baca juga: Cara Styling Foto Blog agar Terlihat Profesional

Menemukan Kata Kunci Terkait Gambar

Inilah hack keren yang dapat kamu gunakan dengan Pencarian Gambar.

Pertama, izinkan saya menjelaskan mengapa kamu perlu menemukan beberapa kata kunci gambar. Sama seperti konten tulisan, gambar juga memiliki fokus kata kunci. Inilah yang terjadi pada nama file dan tag alt.

Contoh dalam hal ini, kata kuncinya adalah "Sepatu Nike."

Namun, kamu tidak dapat berhenti pada kata kunci fokus tersebut.

Kata kunci latent semantic indexing (LSI) juga penting. Kedengarannya rumit, tetapi kata kunci LSI adalah kata kunci yang terkait dengan kata kunci fokus.

Jadi misalnya, jika kata kunci fokus adalah "Sepatu Nike," Kamu dapat menggunakan kata kunci lain seprti "Sepatu Terbaru Nike Indonesia" sebagai kata kunci LSI.

Kata kunci LSI memberikan strategi kata kunci yang lebih beragam. Kata kunci LSI biasanya lebih spesifik daripada kata kunci fokus. Mereka mencakup lebih luas, yang membantu lebih banyak pembaca menemukan kontenmu.

Kamu mungkin telah menggunakan kata kunci LSI untuk konten artikel, tetapi kamu juga dapat menggunakannya untuk gambar. Bahkan dua kata kunci yang sangat mirip dapat menghasilkan hasil gambar yang sangat berbeda.

Contohnya seperti dibawah ini. untuk pencarian pertama saya menuliskan kata kunci "Sepatu Nike" dan untuk pencarian kedua saya tuliskan "Sepatu Nike Terbaru 2019". dan hasilnya sangat berbeda.

Sepatu nike di pencarian google
Sepatu nike terbaru 2019 di hasil pencarian google


Meskipun kita menaruh dua kata kunci identik, saat di cari Pencarian Gambar memiliki hasil yang berbeda untuk masing-masing kata kunci tersebut.

Jadi kata kunci LSI dapat menjangkau audiens baru. Dengan mudah, Pencarian Gambar juga kaya akan kata kunci LSI gambar. Biasany Di bagian atas SERP Pencarian Gambar, ada daftar istilah pencarian terkait. Itu adalah sumber yang luar biasa untuk SEO gambar.

pencarian terkait gambar

Kata kunci terkait Ini adalah kata kunci atau pertanyaan yang sebenarnya dicari banyak orang. Dan kamu bisa memanfaatkan kata kunci tersebut untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs.

Ini cara super mudah untuk menemukan kata kunci LSI, dan semuanya gratis. Kamu juga dapat menemukan beberapa kata kunci berekor panjang menggunakan strategi ini.

Kata kunci ekor panjang banyak berfungsi seperti kata kunci LSI. Keduanya memperluas kata kunci fokus dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas.

Kata kunci ekor panjang dapat berkinerja baik di tag alt. Meskipun kamu tidak ingin menggunakannya setiap saat, kamu harus menggunakannya untuk gambar di 5-10 halaman paling populer.

kata kunci LSI


Gunakan Gambar Yang Relevan

Yang dimaksud dengan "gunakan gambar relevan," adalah gambar yang secara langsung terkait dengan keseluruhan topik.

Apakah akan menjadi masalah jika gambar tidak relevan dengan topik? Nyatanya, kamu bisa mendapatkan ribuan kunjungan karena gambar yang tidak ada hubungannya dengan blogmu. Tapi saat orang tersebut mengunjungi tautan dari gambar yang mereka klik, dan mereka mengetahui bahwa isi artikelnya tidak sesuai dengan gambar, mereka akan langsung pergi dan meninggalkan bounce rate di blogmu.

Kamu bisa menambahkan infografis. Infografis sangat cocok untuk meningkatkan SEO. Infografis dapat mendorong ribuan pengunjung dan membangun otoritasmu dalam waktu singkat.

Dan kamu tidak perlu membuat infografis untuk setiap konten yang kamu buat. Tetapi kamu perlu menggunakan gambar yang terkait dengan niche-mu.

Beri watermark pada gambar

Watermarking adalah praktik standar bagi banyak fotografer dan seniman, tetapi anehnya, saya tidak melihat blogger melakukannya (mungkin karena merek juga mengambil dari google, yang otomatis itu bukan gambar miliknya). Sebagian besar blog berpikir bahwa memberi watermark hanya untuk tujuan hak cipta.

Memang benar, itu manfaat besarnya, tetapi itu bukan keuntungan utama untuk blog. Memberi watermark pada gambar dapat mendatangkan lebih banyak pengunjung daripada sekadar mengoptimalkan gambar dan memastikan itu hanya muncul di situsmu.

Jika kalian perhatikan setiap post di blog saya, kalian akan menemukan semua gambar yang saya pakai memiliki watermark. Cukup gunakan alamat blog nama blogmu saja sebagai watermark.

Ini akan memberi tahu orang-orang dari mana gambar itu berasal. Jadi, siapa pun yang menggunakan gambar ini tidak hanya tahu siapa yang akan dipuji tetapi juga ke mana harus mencari konten yang serupa.

Lalu bagaimana cara menambahkan watermark pada gambar post blog. Saya yakin kalian adalah orang-orang kreatif yang tahu harus bagaimana membuat wtermark sesuai kreatifitas kalian.

Pin it on Pinterest

Get traffic from google search image



Be First to Post Comment !
Posting Komentar