5 Aplikasi Belajar Online Gratis (BDR) Android Terbaik untuk Guru (Pengajar)

5 Aplikasi Belajar Online Gratis (BDR) Android Terbaik untuk Guru (Pengajar)

Aplikasi belajar online gratis - Salah satu cara untuk membuat pengajaran dan pembelajaran lebih menyenangkan, inovatif, dan menarik adalah dengan memanfaatkan teknologi dan aplikasi di ruang kelas kami.


Menjadi seorang guru bukanlah tugas yang mudah. Terutama ketika itu membuat siswa terlibat dan fokus di kelas. Dari perencanaan pelajaran hingga pengajaran hingga penilaian, ada banyak hal yang harus dipelajari dan dikelola. Sekarang setelah teknologi semakin hadir di ruang kelas, aplikasi Android berikut ini sempurna untuk ruang kelas dan tentunya akan membantu guru dalam mengelola organisasi dan waktu mereka.


Aplikasi Belajar Online Gratis



Berikut adalah beberapa aplikasi Android terbaik yang guru temukan sebagai yang terbaik di ruang kelas mereka.


1. Remind: Safe classroom Comunication

Remind adalah situs web dan aplikasi komunikasi yang aman untuk kelas di mana para guru dapat mengirim pesan, secara massal atau ditargetkan, kepada seseorang atau grup tanpa mengasihtaukan informasi kontak pribadi. Guru dapat berbagi pesan teks, audio, atau video, link video, file dokumen, dan gambar. Pengguna bahkan dapat mengumpulkan dana untuk penggalangan dana (dengan sedikit biaya per transaksi).


Guru dapat mengatur kelas mereka dan memberikan siswa dan orang tua dengan kode simpel untuk bergabung. Yang disukai dari aplikasi ini adalah guru tidak dapat melihat nomor telepon siswa dan pesan dikirim tanpa balasan terbuka. Jadi jika Anda mencari aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memberi tahu siswa dan orang tua di luar kelas, bisa coba aplikasi ini!


2. Google Classroom

Google Classroom dapat digunakan oleh profesional eLearning dan pendidik daring yang telah membuat akun Google Apps for Education secara gratis. Intinya, Google Classroom dirancang untuk memberi fasilitator, pencipta konten, dan pendidik online sebuah kemampuan untuk tidak menganfalkan kertas dan memusatkan materi eLearning mereka di satu lokasi berbasis cloud.


Dan aplikasi ini sangat mudah digunakan, apalagi Google Classroom bisa langsung dipakai menggunakan satu google akun tqnpa ribet daftar. Selain itu fiturnya sangat lengkap untuk pembelajaran online dimasa pandemi Covid19 sekarang.


3. Kahoot!

Aplikasi ini dapat mengubah kelas yang membosankan menjadi menyenangkan karena aplikasi ini digunakan oleh para guru untuk memotivasi siswa dengan mengubah ruang kelas menjadi taman bermain.


Situs web Get Kahoot membuat belajar menjadi menyenangkan karena para guru dapat menyiapkan beberapa pertanyaan dan jawaban dan aplikasi mengubahnya menjadi game yang dapat dimainkan dengan bantuan browser web.


Untuk memulai permainan, siswa harus mengunduh aplikasi Kahoot dan ini dapat digunakan sebagai buzzer untuk menjawab pertanyaan yang dirancang oleh guru.


4. Socrative Teacher

Dengan aplikasi Socrative Teacher, pendidik dapat melakukan penilaian formatif melalui kuis pilihan benar / salah, pertanyaan singkat dan pilihan ganda hanya dengan satu aplikasi. Guru kemudian bisa memeriksa secara visual di mana guru bisa memantau siswa mereka dalam hal pemahaman dan seberapa efektif informasi yang di terima oleh siswa selama proses pembelajaran. Semua hasil bisa lamgsung muncul dan aplikasi secara otomatis menilai semua kuis.


Untuk memulai menggunakan Socrative, cukup mendaftar untuk account Socrative Teacher. Akun Socrative Anda akan bekerja dengan Aplikasi Socrative lainnya dan melalui semua browser di Socrative.com. Siswa dapat terhubung ke ruang yang  Anda dengan membuka aplikasi atau bergabung room di socrative.com pada perangkat apapun.


5. Nearpod

Nearpod menawarkan alat yang mudah digunakan untuk membuat rencana pelajaran, presentasi, penilaian, dan konten digital kepada guru. Nearpod memungkinkan guru untuk membuat rencana pelajaran digital, membaginya dengan siswa selama kelas berlangsung, dan melacak kemajuan individu masing-masing siswa. Pelajaran terdiri dari slide yang dibuat oleh guru yang dapat mencakup teks, video, gambar, situs web, pertanyaan, kuis, jajak pendapat, dan tugas.