3/01/2019

Di Bolivia ada Jam yang Berjalan Mundur ⏲

Bangunan yang menjadi rumah majelis legislatif Bolivia di Plaza Murillo, di pusat kota La Paz 🏛, memiliki jam di atas pintu masuk yang terlihat seperti gambar pada cermin. Posisi angka pada tampilan jam dibalik, dan jam itu sendiri berjalan berlawanan arah jarum jam. Bangunan ini didirikan pada 1920-an dan pada awalnya dimaksudkan untuk berfungsi sebagai markas bank sentral Bolivia, dulunya jam yang ada pada bangunan tersebut sama dengan jam-jam lain di dunia sampai tahun 2014.

“Siapa bilang jam harus selalu berjalan dengan cara yang sama? Mengapa kita harus selalu taat? Mengapa kita tidak bisa kreatif? ” Tanya Menteri Luar Negeri Bolivia David Choquehuanca, yang tampaknya sangat senang dengan gagasan itu.

Di Bolivia ada Jam yang Berjalan Mundur
Photo credit: Rogerio Camboim S A/Flickr

Menurut Choquehuanca, perubahan itu dilakukan untuk membuat rakyat Bolivia menghargai harta warisan mereka, dan untuk lebih dekat mengidentifikasi dengan nenek moyang asli mereka. Dua kelompok pribumi rakyat Bolivia, Aymaran dan Quechuan, keunikan di dunia dalam memandang masa lalu berada di depan mereka dan masa depan di belakang mereka.

Jam terbalik juga sesuai dengan arah bayangan matahari terbenam di belahan bumi selatan. Lagi pula, arah gerakan jarum jam tidak dipilih secara sewenang-wenang. Jam adalah evolusi dari jam matahari, dan di belahan bumi utara bayangan jam berjalan searah jarum jam, sementara di belahan bumi selatan bergerak berlawanan arah jarum jam, menjadikan jam La Paz representasi dari gerakan alami bayangan di belahan bumi utara.

Namun, hal ini tidak benar sepanjang tahun. Terletak dekat dengan garis khatulistiwa, bayangan pada jam matahari di La Paz tidak selalu bergerak ke arah yang berlawanan dengan jarum jam. Selama beberapa bulan, arah gerakan berubah searah jarum jam saat matahari lewat ke Selatan La Paz di bulan-bulan musim panas Belahan Bumi Selatan.

Ketika jam baru dipasang, banyak penduduk La Paz mengira itu adalah kesalahan. Sedangkan yang lain menyambut baik perubahan itu. Beberapa bahkan berpikir semua jam di benua itu harus dibalik seperti ini. 🤦‍♂️

Plaza Murillo
Photo credit: Dan Lundberg/Flickr

Plaza Murillo
Photo credit: Pablo Andrés Rivero/Flickr

Jam yang sebelumnya di pasang di House of Congress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.