10 Fakta Yang Membuktikan Tubuh Manusia itu Unik

10.10.00
Jika kalian berpikir bahwa organ internal kita hanya mampu untuk bernapas, bergerak, dan mencerna makanan, kalian akan sepenuhnya mengubah pendapat kalian setelah membaca artikel ini. Misalnya, apakah kalian tahu bahwa asam lambung cukup kuat untuk melarutkan beberapa logam? Dan bukan itu saja, setiap organ manusia memiliki kekuatan supernya sendiri.

10 fakta tubuh manusia

Di kutip dari situs Bright Side, mereka melakukan riset dan menemukan beberapa fakta yang benar-benar mengesankan tentang tubuh manusia untuk kita ketahui. Walaupun kalian tidak suka pelajaran biologi.

1. Jantung 
Mari kita mulai dengan bagian tubuh yang paling penting:


Jantung menciptakan tekanan yang cukup untuk menyemburkan darah setinggi 9.1 meter, yang hampir setinggi rata-rata bangunan 3 lantai.

Rata-rata, jantung wanita berdetak lebih cepat dari jantung pria.

Setiap hari jantung memompa sekitar 2.000 galon darah. Bayangkan saja, 2.000 galon, setiap hari, itu menghasilkan lebih dari 700.000 galon per tahun padahal jantung hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa. Subahanallah

2. Hati ❤

Organ yang paling banyak tugasnya adalah hati. Para ilmuwan menemukan lebih dari 100 pekerjaan berbeda yang dilakukan oleh hati.

Hati dapat menangani kerusakan yang sangat parah. Pada dasarnya ia dapat tumbuh kembali dengan sendirinya, cukup dengan 25% dari jaringan asli.

Orang Yunani kuno percaya bahwa hati menyimpan semua emosi manusia.

3. Paru Paru


Paru-paru sangat ringan sehingga mereka bisa mengambang di permukaan air.

Setiap hari sekitar 10.000 liter udara melewati paru-paru kita. Jika paru-paru dibuka rata, mereka akan sebesar lapangan tenis!

Paru-paru memiliki reseptor rasa yang mampu mendeteksi rasa pahit.

Paru-paru memainkan peran penting ketika berbicara atau bahkan membuat suara.

4. Ginjal


Fungsi utama ginjal adalah memurnikan darah dari racun. Agar hal ini berhasil, setiap ginjal memiliki setidaknya satu juta hingga 2 juta filter kecil khusus, yang disebut nefron. 😱

Kita sebenarnya tidak benar-benar membutuhkan 2 ginjal, satu ginjal saja bisa melakukan pekerjaan sebaik 2 ginjal.

Jika seorang anak dilahirkan dengan hanya satu ginjal, ink akan tumbuh dengan berat 2 ginjal gabungan.

5. Kelenjar Adrenal


Kelenjar adrenal bertugas mengambil keputusan apakah saatnya untuk melawan atau melewatinya, organ ini akan melepaskan hormon "stres", adrenalin. Adrenalin mengirimkan sinyal ke otak tentang potensi bahaya, dan kemudian otak membantu tubuh kita untuk bersiap menghadapinya atau melarikan diri darinya.

Kelenjar adrenal melepaskan beberapa hormon penting lainnya, tetapi dalam kebanyakan kasus kelenjar Adrenal melepaskan lebih banyak hormon dari yang kita kira. Jika memproduksi terlalu banyak steroid androgenik, ini dapat menyebabkan karakteristik pria yang tinggi, seperti kebotakan dan tumbuh rambut di area wajah baik pria maupun wanita.

6. Kandung Kemih


Setelah urin diproduksi oleh ginjal, urin disimpan dalam kandung kemih.

Organ ini terlihat seperti kantong berlubang dan bisa meregang. Volume urin yang dapat ditampung oleh kandung kemih manusia berada di antara sekaleng soda dan botol 20 ons.

Kandung kemih dewasa terlihat seperti buah pir dalam hal ukuran dan bentuk.

7. Usus Halus
Di juluki Usus halus karena lebar usus ini kecil, Tapi sebenarnya usus halus merupakan organ internal terbesar dalam tubuh manusia. Usus halus memiliki panjang sekitar 6 meter dan jika dihitung luas permukaan ratanha, akan menjadi seukuran 2 lapangan tenis.

Dan usus halus mengandung sekitar satu kilogram bakteri. 😱

Yang menarik, orang Jepang memiliki mikroba unik di ususnya yang membantu memproses rumput laut lebih cepat.

8. Perut


Perut memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup, dan dapat mengubah volumenya dari 1 liter menjadi 4 liter tergantung pada seberapa penuhnya.

Asam lambung sangat kuat sehingga bisa melarutkan tidak hanya makanan tetapi juga beberapa logam.

Untuk melindungi diri dari asam lambung, perut memiliki beberapa lapisan, masing-masing memainkan peran penting, dan setiap 2 minggu lapisan selaput kecil akan diregenerasi total.

Saat perut kosong, keasaman asam lambung sangat tinggi sehingga bisa melarutkan plastik sintetis.

9. Otak


Otak mungkin satu-satunya organ yang fungsinya masih sedikit menjadi misteri. Otak berisi sekitar 100 miliar neuron.

Otak tidak memiliki reseptor rasa sakit, dengan kata lain, ia dapat menafsirkan sinyal rasa sakit, tetapi tidak dapat merasakan sakit jika disentuh.

Otak memiliki memori sekitar 100 terabyte yang bisa menjadikannya komputer super. 

Ada pendapat bahwa kita hanya menggunakan sebagian kecil dari kemampuan otak adalah mitos, kita menggunakan semuanya. kita menggunakan sekitar 10% saja ketika kita tidur.

10. Pankreas


Pankreas memiliki ekor dan kepala. Kita bisa hidup tanpa adanya pankreas, tetapi ini akan sangat tidak menyenangkan. karena, meskipun makanan tidak pernah masuk ke organ ini, pankreas memainkan peran penting dalam pencernaan dengan enzim yang dilepaskannya.

Ia memiliki reseptor rasa yang dapat mendeteksi gula, tetapi tidak mengirim sinyal ke otak, seperti perasa di lidah kita. Sebagai gantinya organ ini bisa mendeteksi untuk menyeimbangkan hormon.

Maka, nikmat mana lagi yang engkau dustakan?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.