Pilih mana, Patreon atau Ko-fi? Alasannya? ☕ ๐Ÿ˜˜

Pertanyaan ini banyak muncul baru-baru ini ...

Pilih mana, Patreon atau Ko-fi?

Layanan seperti Patreon dan Ko-fi memungkinkan pencipta (creators) menghasilkan uang dari konten mereka. Alih-alih mengandalkan sebagian kecil persentase pendapatan dari YouTube atau iklan Google, kini memungkinkan bagi blogger, artis, cosplayer, streamer, dan semua jenis creators untuk menggunakan layanan tersebut untuk menerima uang langsung dari penggemar.

Sebagian besar orang pernah mendengar tentang model subscription Patreon untuk creator. Patreon subscribe, menjanjikan jumlah bulanan untuk mengakses konten eksklusif. Banyak creators menyukai Patreon, tetapi hal tersebut tidak selalu tepat untuk semua orang. Biaya, komitmen untuk menerbitkan, pedoman konten yang ketat, dan celah (seperti memungkinkan para pendukung untuk melihat konten terbatas tanpa membayar) telah membuat beberapa mencari alternatif lain, selain Patreon.

Jadi bagaimana dengan Ko-fi? Apa bedanya dengan Patreon?

Opsi Free Tip Jar
Layanan gratis Ko-fi berfungsi seperti tip jar. Pembuat konten mengarahkan penggemar ke halaman mereka untuk memberikan tip (kira-kira setara dengan harga kopi) dan juga pesan dukungan. Pembuat konten dapat menulis pembaruan, berbagi gambar di galeri dan berterima kasih kepada penggemar atas dukungan mereka. Ini cara sederhana, ramah dan gratis untuk mulai menghasilkan uang secara online. Lebih dari 150.000 blogger, artis, podcaster, pengembang, cosplayer, dan semua jenis creators telah menerima lebih dari $ 6 juta dengan hanya menggunakan layanan Ko-fi.

Tanpa Biaya
Tidak seperti Patreon dan layanan lainnya, Ko-fi tidak menerima donasi dari creator dan mereka juga tidak mengenakan biaya tambahan kepada penggemar. Satu-satunya biaya transaksi adalah yang dibebankan oleh perusahaan yang memproses pembayaran. Patreon dan yang lainnya membebankan biaya platform tambahan, biasanya 5-8%.

Tombol & Widget
Ko-fi memungkinkan creator membuat tombol widget untuk dipasang ke situs web, tumblr, atau blog. Dan kreator juga dapat mempersonalisasi teks dan memilih warna yang bisa dikostumisasi sesuai tema blog mereka. Jika kamu menggunakan WordPress, mereka juga memiliki plugin yang membuatnya sangat mudah untuk menambahkan tombol Ko-fi khusus ke area widget atau sidebar.

Pembayaran Langsung dan Instan
Karena Ko-fi tidak mengambil bagian dari transaksi, pembuat konten langsung dibayar dari penggemar mereka. Platform lain seperti Patreon membuat creator menunggu hingga akhir bulan atau menentukan saldo minimum (minimum payout) sebelum dana bisa ditarik.

Ko-fi Gold
Jika kalian Ingin membuat beberapa konten yang hanya dikususkan bagi mereka yang menyumbang kalian. Di situlah Ko-fi Gold bisa di gunakan. Gold member hanya membayar $ 6 per bulan dan memungkinkan creators mengaktifkan pembayaran berulang, mengubah harga dukungan, dan membuat posting, gambar, tautan, dan video eksklusif untuk pendukungnha. Pos-pos ini dapat disediakan bagi donor satu kali atau pendukung bulanan yang berulang.

Ko-fi Gold juga memungkinkan creator mengubah harga dukungan, mengubah metafora kopi dan mendapatkan nama halaman 5 karakter eksklusif.

Tidak ada Perjanjian maka Batalkan
Karena pelanggan dikenakan biaya sekali sebulan, mereka dapat berlangganan, mendapatkan akses ke saluran, membatalkan janji mereka sebelum mereka membayar akses. Dengan Ko-fi, pembuat konten langsung menerima uang dan hanya pendukung yang membayar yang mendapatkan akses konten terbatas.

Kebebasan
Banyak creator memilih Ko-fi karena mereka tidak ingin dipaksa untuk menghasilkan banyak konten setiap bulan. Di sini, di Ko-fi kami ingin para kreator memiliki kebebasan untuk mempublikasikan apa yang mereka inginkan, kapan pun mereka mau. Tidak ada komitmen. Tidak ada tekanan.

Klaim Halaman Ko-fi Gratis
Jika kalian seorang creator, kalian bisa langsung bergabung dengan Ko-fi.com. Hanya perlu beberapa menit untuk mengklaim nama halaman unik kalkan dan mulai mendapatkan dana dari penggemar kalian. Jadi tunggu apa lagi, gabung dengan ko-fi sekarang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.