9 Fakta Mengesankan Tentang Swedia Yang Beda dari Negara Lain

Stockholm Swedden
Source Image

Orang Swedia tidak akan pernah berhenti memukau kita dengan gaya hidup mereka. Kadang mereka makan pizza dengan pisang, hidup sesuai dengan Hukum Jante, dan membangun kembali hotel yang sama setiap tahun.

Hari ini kita akan jalan-jalan sebentar ke Swedia melalui tulisan untuk mengetahui kekhasan dan keunikan negeri ini yang beda dari negara-negara lain.

9. Negara bertanda “Eco”
Jika kamu ingin tahu bagaimana rasanya menjalani gaya hidup ramah lingkungan, kamu perlu jalan-jalan ke Swedia sesegera mungkin. Swedia adalah negara pertama yang mulai menggunakan biofuel dan bukan bensin. Sistem produksi dan daur ulang nol limbah Swedia telah memberikan contoh yang sangat baik bagi seluruh dunia.

8. Hotel yang dibangun kembali setiap tahun

Hotel es di Swedia
Hotel Es di Swedia

Hotel es pertama di dunia terletak di Swedia dan dibangun kembali setiap tahun dari Desember hingga April. Dinding tebal, furnitur, bar, dan bahkan gelas semua terbuat dari es. Kamar-kamar di "Ice Hotel" tidak pernah sama, karena berbagai seniman dan arsitek dari seluruh dunia diundang untuk mengerjakan desain hotel setiap tahun.

7. Hidup sesuai dengan Hukum Jante
Hukum Jante adalah kode perilaku yang dikenal luas di negara-negara Skandinavia. 10 aturan hukum negara:

  • Kamu tidak boleh berpikir kamu itu sesuatu yang istimewa.
  • Kamu tidak boleh berpikir kamu lebih baik dari kami
  • Kamu tidak boleh berpikir kamu lebih pintar dari kami
  • Kamu tidak boleh membayangkan dirimu lebih baik dari pada kami
  • Kamu tidak boleh berpikir kamu lebih tau dari apa yang kami lakukan
  • Kamu jangan berpikir kalau kamu lebih penting daripada kami
  • Kamu tidak boleh berpikir bagus bagus dalam hal apa pun
  • Kamj tidak boleh menertawakan kami.
  • Kamu tidak boleh berpikir ada orang yang peduli denganmu.
  • Kamu tidak boleh berpikir kamu bisa mengajari kami apa pun.


Untuk melihat cara kerjanya dan memahami bahwa ini bukan manual tentang cara membuatmu merasa tidak berharga di masyarakat, yang perlu kamu lakukan hanyalah pergi berbelanja, ke restoran, atau ke resor di Swedia. Kamu akan melihat bahwa orang-orang Swedia tidak membual tentang kekayaan materi atau pengetahuan mereka, dan tidak pernah mencoba menunjukkan keunggulan mereka di atas orang lain. Ini adalah pesan utama dari aturan tersebut.

6. Samboende, särbo, iblandbo
Di Swedia, ada beberapa jenis hubungan keluarga, karena beberapa pasangan tidak terburu-buru untuk menikah. Mereka mungkin hidup bersama selama lebih dari 10 tahun, memiliki anak, dan masih belum menikah. Namun, mereka dapat memilih untuk menjadi:

Samboende: pasangan yang tinggal bersama dan memiliki rumah tangga bersama.
Särbo: pasangan yang tidak tinggal bersama, tetapi berada dalam hubungan jangka panjang dan lebih suka menghabiskan liburan dan akhir pekan bersama.
Iblandbo: Partners yang hidup bersama dari waktu ke waktu.

5. Fika
Fika adalah istirahat minun kopi di siang hari. Ini adalah bagian yang sangat penting dari gaya hidup Swedia. Jangan pernah memberi tahu orang Swedia bahwa minum banyak kopi itu buruk: mereka toh tidak akan memercayainya. Pada paruh kedua abad ke-18, Raja Gustav III dari Swedia melakukan "Eksperimen Kopi" untuk membuktikan efek negatif kesehatan kopi.

Saudara kembar yang dijatuhi hukuman mati terlibat dalam percobaan. Namun, raja menawarkan untuk mengubah hukuman mereka menjadi penjara seumur hidup jika salah satu dari si kembar sepakat untuk minum 3 gelas kopi, dan yang satunya meminum 3 gelas teh, setiap hari selama sisa hidup mereka.

2 dokter ditunjuk untuk memantau dan melaporkan temuan percobaan kepada raja. Kedua dokter meninggal sebelum percobaan selesai. Raja Gustav III juga meninggal sebelum melihat hasil akhirnya. Dari si kembar, peminum teh adalah yang pertama meninggal, pada usia 83, dan tanggal peminum kopi meninggal masih belum diketahui.

4. Pizza Pisang

Pizza Banana swedden

Ada banyak restoran Italia di Swedia. Namun, menu sedikit berbeda dari yang biasa. Sebagai contoh, hidangan paling populer di Swedia adalah pizza kebab yang diberi daging tusuk dan saus spesial. Kamu juga dapat mencoba pizza dengan pisang di atasnya di restoran pizza di seluruh Swedia.

3. Ruang pribadi

Fakta unik swedia

Orang Swedia sangat memperhatikan ruang pribadi orang lain dan mereka tidak akan pernah mengganggu orang lain kecuali itu hal yang mendesak. Bahkan di halte orang berdiri pada jarak tertentu dari satu sama lain.

2. Hiburan nasional

Karnaval di swedia

Jika kamu ingin memeriksa kemampuan menembak. kamu harus berpartisipasi dalam permainan karnaval Swedia untuk melempar ikan haring ke dalam tong. Pemenang permainan akan mendapat boneka ikan.

1. Pembayaran tanpa uang tunai
Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah uang tunai yang beredar telah menurun dengan cepat di Swedia. Bahkan toilet umum menerima pembayaran secara eksklusif dari kartu kredit. Ngomong-omong, ada lampu LED yang dipasang pada gagang pintu toilet umum. Merah memberi tanda bahwa ruangan sudah terisi, sementara hijau menunjukkan bahwa ruangan itu kosong.

0 Komentar