6 Layanan Google ini Bisa Membantu Kamu Untuk Bloging

Baru mengenal blogging?. Jika kamu baru-baru ini memulai blog, ada banyak alat dan layanan gratis yang dapat kamu gunakan untuk memulai blog dengan cepat. Satu layanan yang dapat diakses oleh semua orang adalah Google.

6 Layanan Google ini Bisa Membantu Kamu Untuk Bloging

Yup! Google telah berkembang menjadi lebih dari sekadar mesin pencari untuk mencari jawaban atas apa yang kamu cari di google. Ada alat Google gratis yang dapat kamu gunakan loh sebagai blogger baru, untuk menambah pengunjung blog.

Lalu 6 layanan Google apa saja yang kita bisa gunakan untuk meningkatkan visitor blog? Cek this out!

1. Google Trend
Kamu mungkin pernah menemui jalan buntu ketika mencari ide untuk postingan berikutnya. Kadang mau bikin post ini, ternyata sudah ada yang pernah post sebelumnya, atau mungkin ide ini sudah basi. Dan karena terlalu lama memikirkan ide post kamu jadi mulai males nulis blog. Berarti kamu harus coba Google Trends. Google Trends bisa membantu kamu menemukan topik blog baru yang sedang hangat di bicarakan atau paling banyak dicari di mesin pencari Google.

2. Google Search Console
Google Search Console memberi kita banyak informasi tentang lalu traffict blog kita. Saat kamu membuka halaman GSC, disana kamu bisa melacak traffict atau pengunjung blogmu, mengetahui dari mana pembacamu, dan perangkat apa yang mereka gunakan saat mengakses blogmu. Selain itu kita bisa pantau kata kunci apa yang memiliki pengaruh besar di blogmu. Jadi kita bisa menganalisis blog kita dan tahu apa yang selanjutnya harus kita lakukan terhadap blog kita.

3. YouTube
Semua orang suka dan tahu Youtube! YouTube adalah platform media sosial yang bisa membantu kamu mengembangkan blogmu juga. Kamu bisa mempromosikan blogmu melalui chanel Youtube. Entah itu membuat video tutorial blogging, video live atau apapun itu, dan jangan lupa meletakkan link ke blogmu. Agar penonton tahu kamu memilki website/blog yang bisa mereka kunjungi.

4. Google Incognito
Google Incognito adalah cara untuk menjelajah internet secara anonim (selama kamu tidak masuk ke akun Gmail atau akun Google lainnya).

Banyak blogger menggunakan Google Incognito bukan untuk secara diam-diam menjelajahi internet, tetapi untuk melihat apakah posting blog mereka memiliki peringkat tinggi di SERPS (halaman hasil mesin pencari). Jika kamu belum tahu, coba cari di browsermu, untuk melihat apakah peringkat itu benar-benar asli atau bukan.

Ingat guys, Google sangat suka kamu dan blogmu, jadi Google bisa saja menampilkan blogmu di paling atas hasil pencarian, yang sebenarnya itu belum tentu nyata.

5. Google Slides
Google Slides adalah versi gratis yang mirip dengan Microsoft Powerpoint. Kamu bisa membuat slide presentasi, tetapi kamu juga bisa menggunakan alat Google ini untuk membuat PDF yang tujuannya untuk menambah email subscriber atau bisa juga membuat PDF untuk pelajaran atau panduan yang bisa kamu jual untuk menghasilkan uang dengan blogging!

6. Google (SERP)
Alat Google terakhir yaitu Google itu sendiri! Google adalah mesin pencari sehingga kita dapat menggunakan ini untuk banyak hal untuk membantu meningkatkan traffic blog, diantaranya:
  • Menemukan topik khusus
  • Menemukan topik posting blog
  • Mencari tahu apa yang dilakukan blog sainganmu
  • Menemukan Kata kunci untuk nantinya digunakan
  • Melihat di mana peringkat posting blogmu berada
  • Mencari tahu pertanyaan yang diajukan orang tentang sebuah topik (dan kamu bisa membuat jawaban pertanyaan itu di posting blog)

Dengan alat Google tadi, kamu bisa mulai mengoptimalkan posting blog dan mempersempit kesalahan blogging untuk menarik audiens yang tepat dan meningkatkan traffic blog!. Jika kamu memiliki pendapat lain, jangan sungkan untuk meninggalkan komentarmu di bawah. Happy blogging guys.

0 Komentar