1/29/2019

10 Peraturan Aneh Yang Hanya Ada Di Antartika

Antartika
Morning at South Shetland, Antarctica | Image Credit flickr yj collection

Jika kamu ingin mencari tujuan wisata yang unik, saya rekomendasikan Antartika. Meskipun Antartika merupakan salah satu tempat terdingin di bumi, satwa liar langka membuatnya menjadi tempat yang bagus untuk mengamati alam di tempat dingin tersebut. Selain itu, Antartika dianggap sebagai salah satu alam paling alami di dunia dan digunakan sebagai pusat penelitian ilmiah. Karena itu, ketika mengunjungi Kutub Selatan, ada beberapa aturan yang sangat ketat.

1. Jangan berjalan di atas lumut
Ketika orang membayangkan Antartika adalah sebuah benua yang semuanya tertutup es dan musim dingin abadi. Tapi nyatnya, tanaman memang tumbuh di Antartika, beberapa jenis rumput dan lumut tumbuh disana. Seperti yang bisa kamu bayangkan, rumput atau lumut tadi membutuhkan waktu lama untuk tumbuh, ditambah dengan enam bulan tanpa matahari dan suhu yang bahkan di musim panas dapat turun di bawah -20 derajat Celcius. Jadi jangan pernah mencoba untuk menginjak lumut disana. Lumut itu mungkin tidak terlihat banyak, tetapi sangat penting bagi ekosistem Antartika

Tulang paus ditutupi lumut, Deception Island, Antartika | © McKay Savage/Flickr

2. Dilarang membawa hama
Berbicara tentang ekosistem Antartika, ini cukup rumit. Umat manusia sudah mencoba selama bertahun-tahun untuk melindunginya, tapi sayangnya manusia juga bisa melakukan kesalahan. Ada sejumlah spesies non-asli yang hidup di Antartika. Sebagian besar adalah spesies tanaman (sekitar 121 termasuk jamur), spesies non-asli ini ternyata terbawa oleh manusia ke sana, ntah itu di baju mereka, peralatan, barang bawaan bahkan kulit mereka. Lebih aneh lagi, ada delapan mamalia dan tiga spesies burung yang bukan asli hewan Antartika. Sekarang, bahkan ada cacing di Antartika. Dari sinilah dibuat peraturan kebersihan yang sangat ketat. Semua yang kamu bawa dicuci hingga benar-benar bersih, lalu didekontaminasi dan dilakukan pemeriksaan setiap hari. Bahkan kutu sekalipun tidak bisa sampai lolos.

3. Penguin dapat menemukan jalan pulang sendiri
Jika di kebun binatang atau di taman safari, sebagian besar aturan pengamatan hewan cukup mudah: misal dilarang memberi makan hewan, jangan terlalu dekat dengan hewan atau jangan mengeluarkan kamera dll. Namun beda lagi jika kamu berada di Antartika.

Di sini ada satu aturan yang tidak biasa tentang penguin. Walaupun sebenarnya pemandu tidak berharap hal ini akan terjadi dan memang langka, tapi kadang juga bisa terjadi. Penguin kadang-kadang secara tidak sengaja meloncat dari dalam laut ke boat kecil wisatawan. Nah saat Penguin tidak sengaja mendarat di boat wisatawan, semua penumpang di harapkan untuk diam dan jangan menyentuh penguin itu. Terlepas dari kesan imut dan lucu, kebanyakan penguin mungkin bisa melukai tanganmu.

4. Biarkan lumba-lumba sendirian
Ada juga peraturan tentang melihat ikan paus dan lumba-lumba, yaitu dilarang berlayar dengan perahu dekat dengan sekelompok lumba-lumba dan juga dilarang untuk menunggangi lumba-lumba.

5. Membantu Paus
Seperti yang tadi di singgung di atas, sebagian besar aturan kehidupan liar menekankan untuk membiarkan mereka sendirian dan memiliki sesedikit mungkin kontak dengan manusia. Namun, ada satu kali hal ini tidak berlaku, yaitu ketika hewan laut seperti ikan paus ditangkap dengan peralatan memancing. Meskipun kamu mungkin tidak dapat membantu terlalu banyak, kamu wajib membantu dengan mengambil gambar dan melapornya ke petugas operator tur, dan membuat catatan koordinat lokasimu berada, spesies, dan hewan apa yang terjerat. Foto akan membantu mengidentifikasi hewan, dan di masa depan, catatan yang dibuat dapat membantu mengurangi jenis insiden seperti itu.

6. Tidak ada senjata
Antartika adalah zona demiliterisasi. Ini berarti bahwa tidak ada kegiatan militer yang dapat dilakukan di wilayah tersebut, termasuk melakukan manuver dan membangun pangkalan militer. Selain itu, tidak ada senjata api (atau alat peledak) yang diizinkan tanpa dispensasi khusus.

7. Tidak ada suvenir
Saat berkunjung ke suatu tempat yang jauh, hal utama yang mereka beli adalah oleh-oleh atau suvenir. Semua orang suka memiliki kenang-kenangan sebagai suvenir untuk perjalanan mereka. Suvenir bisa saja sebuah gantungan kunci, kalung atau bahkan batu kerikil dll. Namun, di Antartika, mengambil apa pun yang ada disana adalah dilarang. Ini termasuk batu, bulu, tulang, telur, dan segala jenis bahan biologis termasuk jejak tanah. Mengambil apa pun yang dibuat manusia juga sepenuhnya dilarang, karena beberapa mungkin sebenarnya adalah peralatan penelitian. Jika kamu menemukan sesuatu yang menarik secara ilmiah entah itu sebuah fosil misalnya, perhatikan lokasi, ambil gambar dan kemudian tinggalkan di sana. Sehingga Seorang ilmuwan nanti bisa mengambil fosil itu, dan kamu bisa menyimpan fotonya.

8. Jangan ganggu situs bersejarah atau situs saat ini
Sedikit terkait dengan hal di atas, ada sejumlah situs 'bersejarah' di Antartika, yaitu pangkalan lama dan gubuk yang sekarang ditinggalkan. yang dulunya pernah digunakan oleh penjelajah dan ilmuwan. Sama seperti sebuah monumen, kamu dilarang mendekati situs-situs itu atau mengambil apa pun dari sana. Dalam keadaan darurat, katakanlah badai salju yang mengejutkan, tempat tersebut dapat digunakan.

9. Kumpulkan Abumu sendiri
Untuk menjaga Antartika tetap murni, banyak aturan yang didedikasikan untuk memastikan bahwa tidak ada yang mencemari lingkungan. Yang jelas adalah hal-hal seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak ada aktifitas corat-coret. Polusi air juga merupakan masalah besar dan bahkan berjalan melewati air atau melewatkan batu adalah melanggar aturan. Dan, jika kamu seorang perokok, ada aturan tambahan: kamu harus mengumpulkan semua abu dari rokok tersebut, semuanya. Bahkan di Antartika, kamu hanya bisa merokok di area yang ditentukkan dan kemudian kamu harus membawa semua abu itu sampai kamu meninggalkan Antartika. Menyimpan sampah atau abu apa pun di laut, pada titik mana pun, juga tidak boleh, jadi tunggu sampai kamu mencapai daratan negara masing-masing.

10. Jangan berharap untuk diselamatkan
Ini terdengar sangat keras, tapi ada sejumlah orang di Antartika, dengan jumlah sumber daya yang terbatas, di benua yang ukurannya dua kali lebih besar dari Australia dan memiliki suhu terendah di bumi (-89,2 derajat Celcius). Disana hanya diperkenankan menyelamatkan hanya satu orang saja. Apa lagi jika kondisi cuaca yang tidak terduga, kegiatan penyelamatan juga tidak bisa dilakukan. Maka dari itu wisatawan akan di kelompokan dengan pemandu yang akan memastikan wisatawan tetap aman dan juga diberi pengarahan tentang bagaimana menjaga diri sendiri tetap aman.

Antartika memang indah, tapi juga merupakan tempat yang keras dan penuh bahaya. Jangan berkeliaran sembarangan dan lebih baik tidak melakukan apapun yang tidak harus dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.