7/25/2018

Meteorit Menghantam Mobil Milik Warga New York

Pada tanggal 9 Oktober 1992, bola api yang terang melintas di langit malam di sebelah timur Amerika Serikat mengejutkan ribuan penonton yang menghadiri pertandingan sepak bola SMA mingguan yang dimainkan di Pantai Timur.

Bola api, yang saksi-saksi menggambarkan sebagai lebih terang daripada bulan purnama, meluncur hampir secara horizontal dan menuju timur laut. Hanya dalam empat puluh detik, meteorit itu telah melintasi empat negara bagian yang menempuh jarak 700 kilometer melalui atmosfer.

Panas dan gesekan yang hebat menghancurkan batuan luar angkasa menjadi lebih dari 70 buah, beberapa di antaranya cukup besar dan cukup cepat untuk menghasilkan jejak bercahaya mereka sendiri. Potongan batu meteorit yang sangat berat, kira-kira sebesar bola bowling, akhirnya menyentuh tanah di Peekskill, New York, dengan dentuman keras.


Siswa sekolah menengah berusia 17 tahun, Michelle Knapp sedang menonton televisi di ruang tamu orang tuanya ketika dia mendengar suara petir di luar. Knapp berlari keluar untuk menyelidiki kebisingan.

Di sana dia menemukan, tepat di jalan masuk, Mobil Chevy Malibu 1980 miliknya, mengalami kerusakan di bagian belakang. Batu yang cukup besar dengan berat lebih dari 12 kilogram tergeletak di bawah mobil, tertanam di aspal. Itu masih berasap dan berbau telur busuk.
Michelle benar-benar sangat kecewa saat itu, dia baru saja membeli mobil seharga $400. Michelle menelepon polisi dan melaporkan kejadian tersebut. Mereka berpendapat bahwa tidak mungkin tetangganya yang melempar batu ke mobil dan menduga bahwa batu itu berasal dari luar angkasa.

Kecurigaan itu terbukti benar ketika hari berikutnya, seorang kurator dari Museum Sejarah Alam Amerika di New York City menegaskan bahwa objek itu memang meteorit, yang sama yang melesat melintasi langit timur laut.


Michelle Knapp di depan garasi dengan Malibu yang diambil hanya beberapa hari setelah mobilnya kejatuhan meteorit. Foto kredit: John Bortle.

Adapun mobil, Michelle menghabiskan waktu mengamankan kesepakatan dengan kolektor meteorit terkenal untuk jumlah yang hampir dua kali lipat lebih dari apa yang telah dibayar Michelle.

Sejak itu, mobil tersebut telah dipajang di berbagai kota di seluruh dunia, termasuk Paris, Tokyo, Munich dan banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.