Tips Mendapatkan Sitelinks di Hasil Pencarian Google - Blogger

13.18.00
Sitelinks blog

Sitelinks adalah beberapa tautan yang ditampilkan di bawah situs di mesin telusur seperti Google. Tidak hanya di hasil pencarian Google tapi di Bing, Yahoo dan juga di Yandex. Tidak ada ide bagaimana cara mendapatkan sitelinks, bahkan Google mengatakan bahwa sitelinks secara otomatis menghasilkan tautan untuk membantu pengunjung mencapai halaman penting situs. Kita juga tidak memiliki kontrol  atas halaman yang kita inginkan dalam sitelinks dan juga tidak ada kode yang bisa melakukannya.

kita mungkin berpikir bahwa jika tidak ada yang diketahui tentang sitelinks, bagaimana saya bisa mendapatkannya untuk blog saya? Nah, jawabannya sederhana kamu akan mendapatkannya seperti yang saya dapatkan! Seperti apa hasil Pencarian Google Sitelinks:

google sitelinks undilife.gq

Di atas adalah sceenshot dari sitelinks blog saya. Jika kamu mencari "undi life" di Google, kamu akan melihat sitelinks secara langsung. Ini adalah tautan unggulan dari blog saya dan ditunjukkan kepada pengunjung untuk membantu mereka mencapai laman yang lebih dalam atau membantu mereka mencapai konten yang diminati di situs tersebut.

Perhatikan bahwa sitelinks tidak pernah tetap sama, mereka berubah dari waktu ke waktu dan kita tidak dapat mengendalikannya. Google mengizinkan webmaster menghapus tautan tertentu dari sitelinks namun sekarang fitur ini hilang dari alat webmaster sehingga kita tidak dapat menghapus URL dari sitelinks meskipun ini bukan minat pengunjung.

sebenarnya, kamu bisa mengendalikannya secara tidak langsung dengan cara memblokir halaman ini dari indeks menggunakan meta tag atau robot.txt.

Mengapa Sitelinks Penting?

1. Sitelinks Meningkatkan RKPT (rasio klik-tayang)
saat kamu lupa membookmark situs penting untuk membaca artikel yang kamu butuhkan, namun hanya tau nama situsnya kamu akan mencarinya di google bukan?. saat muncul di hasil pencarian kita mungkin hanya melihat URL utama, namun jika situs tersebut memiliki sitelink, dan menemukan post yang sesuai, maka mereka akan mengekliknya melalui sitelink tersebut. Sehingga meningkatkan tampilan halaman blog/website ditambah dengan RKPT.

Jika situs kalian belum memiliki  sitelink, sekarang buka webmaster tool dan klik pada analisis penelusuran, ambil sceenshot dan bandingkan nanti dengan rasio klik-tayang blogmu setelah blog memiliki sitelink. kamu akan melihat peningkatan RKPT dan juga pengunjung.

2. Sitelinks Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung Sitelinks membuat situs terlihat profesional dan meningkatkan kepercayaan pengunjung di situs kalian  yang menghasilkan lebih banyak bookmark dan lebih banyak mengunjungi karena mereka mempercayai situs milimu.

3. Sitelinks Menunjukkan Peringkat Anda Sitelinks hanya ditampilkan di bawah situs-situs yang memiliki rangking bagus. Peringkat ditingkatkan bila kamu memiliki  konten bagus, lalu lintas yang baik dan situs mu lebih sosial. Jadi pembaca kalian akan melihat bahwa situs tersebut memiliki peringkat yang bagus sehingga meningkatkan reputasi blog kalian.

4. Sitelinks Menampilkan Konten Unggulan Dari Situs
Jika kamu memiliki sitelinks di bawah situs/blog, ini mungkin menunjukkan tautan unggulan seperti tautan ke pos terbaik di blogmu atau tautan ke kategori tertentu tempat pengunjung kalian  dapat membaca banyak posting dengan label yang sama sehingga bagus untuk blog, karena pengunjung dapat mengunjungi tautan ini secara langsung sebelum mengunjungi situs utama, dan pastinya akan meningkatkan lalu lintas Anda.

Penelusuran Google Sitelink Mobile dan Desktop

Seperti yang kita ketahui bahwa Google sedang mengerjakan situs seluler dan meningkatkan pengalaman pengguna di seluler karena orang menggunakan smarphone lebih banyak daripada komputer untuk mengunjungi situs sehingga Google bekerja lebih banyak di situs seluler daripada di desktop. Google telah mengaktifkan skema carousel untuk situs seluler dan menampilkan banyak situs web (kebanyakan situs berita) di carousel yang menunjukkan betapa pentingnya pengalaman dalam situs seluler.

Jadi jika blog kalian memiliki template terpisah untuk desktop dan template terpisah untuk seluler, maka kalian harus mengoptimalkan keduanya untuk menampilkan sitelinks di ponsel dan desktop.

Berikut adalah sceenshot blog milik saya, bagaimana tampilan sitelinks yang muncul di perangkat seluler.

google sitelinks undilife.gq

Cara Mendapatkan Sitelinks di Hasil Pencarian Google? Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan sitelinks blog kalian di search engine.

1. Buatlah Konten
Saya mendapatkan sitelinks dengan total post sebanyak 280 post, jujur saya tidak memperhatikan kapan pertama kali saya mendapatkan sitelink. lalu saya mencoba untuk mengetikkan keyword "Undi Life" di google.com dan google.co.id dan hasil sitelink tidak selalu sama, jadi ini berarti sitelinks mungkin juga akan tampil berbeda dan atau mungkin lebih banyak yang muncul tergantung dari mana asal negara mencari keyword tersebut.

2. Kirimkan Situs ke Webmaster Tool
Hal kedua yang paling penting untuk dilakukan setelah membuat konten, setiap posting yang kamu publikasikan harus ada di Google. Cara Menambahkan sitemap Blogger ke Google Webmaster Tools Tidak hanya submit ke google, tapi juga submit ke webmaster bing dan yandex.

3. Sesuaikan Robots.txt Blog Anda
Pastikan robots.txt yang kamu gunakan tidak menghalangi halaman untuk meng-crawl atau tidak mengganggu pengindeks an situs dengan cara apa pun. kamu bisa melihat robot.txt blog kalian dengan mengunjungi http://blogkalian.blogspot.com/robots.txt. Jika kalian bisa melihat bahwa ini tidak menghalangi maka itu bagus.

Banyak blogger melarang halaman statis (halaman kontak, halaman about, halaman sitemap dll) dalam teks robot yang mengakibatkan hilangnya halaman-halaman ini dalam hasil pencarian. Jadi jika kalian telah melarang halaman statis untuk di crawl, maka menu atau navigasi dan item menu milikmu termasuk halaman sitemap, halaman kontak dll, tidak akan pernah terlihat dalam sitelinks. Dan mungkin ini juga akan memerlukan banyak  posting agar muncul  sitelinks. Jika kamu tidak mengizinkan halaman untuk muncul di sitelink maka hanya post saja yang akan muncul sebagai sitelinks.

4. Jadilah Lebih Sosial
Bagikan postingan dan URL blog kalian sebanyak mungkin, bergabunglah dengan grup facebook, grup Google+ dan situs lain di mana kamu bisa mbagikannya, ini tidak hanya akan memberi kalian beberapa pengunjung dan pengikut, namun juga akan meningkatkan dampak sosial situs milikmu dan tingkatkan peringkat pencarian pastinya.

5. Pilih Nama Blog yang Pendek dan Unik
Dengan memilih nama singkat dan unik untuk blog/situsmu, pengunjung kamu tidak hanya akan mengingat situs tetapi juga menggunakannya dalam pencarian, selanjutnya kamu mulai mendapatkan tautan situs dan popularitas.

Seperti misalnya nama blog saya adalah UNDI LIFE, apa kalian mengingatnya dengan mudah? Jika kalian mencarinya di Google, kalian akan melihat bahwa blog  saya memiliki sitelinks dan saya mendapatkan banyak pengunjung  setiap hari yang menggunakan "undi life" sebagai kata kunci untuk mencapai blog saya.

6. Link ke konten lama
Biasakan untuk menghubungkan dengan konten atau post yang sudah lama dengan yang lebih baru, tunjukkan tautan yang berguna dari pos lainnya di pos baru kalian. Ini akan meningkatkan tampilan halaman blog juga, karena interlinking bagus untuk melipatgandakan lalu lintas.

Saya harap posting ini bermanfaat untuk kalian, jika ada yang kurang atau kalian punya pendapat lain, beritahu saya dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Bagikan jika kalian merasa terbantu. Terima kasih telah mengunjungi blog saya.


Keyword: Cara Mendapatkan Sitelinks Google, panduan sitelinks untuk blogger, cara menampilkan sitelinks di  google, bing, yahoo, mesin pencari blogspot dan panduan seo, manfaat sitelinks, tips cara mendapatkan sitelinks dengan cepat, google sitelinks

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.