9/16/2017

Tips SEO Blog: Memberi Judul dan Ukuran Gambar/image

Tips SEO Blog: Memberi Judul dan Ukuran Gambar/image

Tips SEO Blog

Untuk posting kali ini kita akan berbicara tentang cara yang benar untuk memberi judul gambar yang anantinya akan di gunakan di postingan sekaligus cara mengoptimalkan gambar dengan sebaik-baiknya untuk SEO.

Gunakan nama file yang tepat

untuk membantu agar gambar/image kamu muncul di google image, penting untuk menyimpan gambar dengan nama file yang sesuai agar bisa di mengerti oleh Google. seperti yang kita ketahui Google itu sebuah mesin bukan manusia yang bisa melihat gambar tersebut, kecuali jika kamu menamai gambar tersebut secara akurat. misal jika kamu menyimpan gambar kucing, namai gambar tersebut dengan nama "kucing.jpg" atau yang memang benar-benar berkaitan dengan gambar tersebut. jangan pernah menyimpan gambar dengan nama file berupa susunan kode huruf dan angka seperti "G34BNmooksl7c3.jpg" karena google tidak akan bisa memahaminya.

Tambahkan Teks Alt ke gambar atau Image

menambahkan Alt Text ke setiap gambar itu sebuah keharusan. karena itu merupakan deskripsi dari sebuah gambar. ada sebuah kasus dimana saat sebuah situs tidak bisa memuat gambar, disitu akan muncul deskripsi gambar yang tadi dimasukkan melalu Alt Text.

Cara memberi Alt Text Image cukup ikuti langkah berikut:


  1. Upload gambar
  2. klik gambar tersebut
  3. pilih properties
  4. pada Alt Text masukkan keterangan gambar, tapi ingat jangan berlebihan. cukup beberapa kata kunci.
  5. pilih ok

lakukan hal ini disetiap gambar post, kamu akan tahu hasilnya nanti saat mencoba tips ini.

Atur Ukuran Gambar dengan Tepat

waktu yang digunakan untuk memuat gambar juga berdampak pada lamanya blog itu di muat, dan ini juga akan mempengaruhi SEO situsmu. meresize ulang gambar sebelum meng-upload-nya ke blog adalah tindakan yang benar. kamu bisa menggunakan aplikasi untuk me resize gambarmu. kalau saya menggunakan aplikasi paint.net. kamu bisa mendownloadnya melalui google. atau kalau kamu tidak ingin repot-repot mendownloadnya cukup gunakan layanan online seperti Pixlr.

Kurangi Ukuran File Gambar

ini adalah langkah terakhir, kalau tadi mengubah ukuran dimensi gambar sekarang waktunya untuk mereduce gambar, tanpa harus mengurangi kualitas gambar. dengan melakukan hal ini akan mempercepat loading blog karena ukuran gambar yang kecil tapi tidak mengurangi kualitas / detail dari gambar tersebut. untuk melakukannya saya menggunakan aplikasi FILEMinimizer. menggunakannya cukup mudah dan praktis. tinggal buka aplikasi > Open File > Optimize Files.

Bagaimana mudah bukan? jangan sungkan untuk meninggalkan komentar kalian di bawah, saya akan senang mendengar komentar kalian. jangan lupa juga untuk rating dan share ke teman-temanmu. keep Blogging!

Search tag: Tips SEO Blog, Tips SEO google, Tips SEO 2019, Tips SEO blogspot, Tips SEO website, Tips SEO untuk blogger, Tips SEO trick

4 komentar:

  1. Banyak yang tidak memperhatikn ukuran Gmabra yaa bang, asal masukin aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz! Benar sekali. Mungkin bagi mereka gambar hanya pemanis artikel saja. Mungkin 😆😆😆

      Hapus
  2. nice info gan.. siap praktek in

    BalasHapus

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.