5 Tips Pinterest untuk Bloggers dan Marketers

05.27.00
5 Tips Pinterest untuk Bloggers dan Marketers

Buat bloggers dan Marketers, hari libur adalah waktunya untuk mempromosikan konten blog dan share ke orang-orang sebanyak mungkin agar visitor atau pengunjung blog meningkat. Dan salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui sosial media, khususnya melalui platform Pinterest.

Lalu Bagaimana car untuk memulainya? ikuti 5 tips berikut:

Gunakan Gambar Yang Bagus Untuk Pinterest
saat pengguna pinterest menelusuri puluhan gambar dari sebuah merek, gambar selebriti ataupun yang lainnya, gambar milikmu harus lebih menonjol agar membuat mereka tertarik dan melihat lebih dekat. sebaiknya gunakan gambar vertikal dengan lebar minimal 600 piksel kali 975 pixel. selalu pilih gambar yang lebih terang dan jika memungkinkan, letakkan overlay teks kecil pada gambar untuk menjelaskan mengapa orang harus berhenti dan melihat. Misalnya, jika kamu memposting sebuah post blog, tulis judul blog pada gambar dengan tulisan yang jelas dan mudah terlihat. kamu bisa lihat contoh milik saya. tapi saya yakin kalian jauh lebih kreatif dari saya.

Sering nge-Pin di Pinterest
semakin aktif kamu di pinterest itu semakin bagus, usahakan melakukan pin minimal 5 kali sehari, tapi jangan berlebihan nanti akan dianggap spam. jika kamu kehabisan ide apa yang harus di pin, kamu bisa re-pin postingan blog lama milikmu ke pinterest. tapi kalau kamu malas atau tidak memiliki banyak waktu luang untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga, seperti ViralTag, yang akan mengatur jadwal pin mu.

Temukan Grup Pinterest
Pinterest memungkinkan penggunanya untuk membuat papan grup (group board) dan mengundang orang lain untuk menyematkannya. 

Papan inilah yang dikenal sebagai papan grup. sama fungsinya seperti Facebook Grup. nah di Papan grup ini kita bisa mempromosikan produk atau postingan blog kita agar dapat meningkatkan pengunjung, yang pastinya dari grup tersebut. akan ada banyak orang yang melihat pin kita di sana. jadi tunggu apa lagi, langsung join grup pinterest, kamu bisa menemukan banyak papan grup mengenai blogging di sana.

Fokus Pada Penggunaan Produk
Buat kamu yang suka berjualan produk di sosial media, dan ingin mencobanya di pinterest. selain membuat pin produk kita di pinterest dengan menampilkan gambar/foto yang eye catching, tapi perlu juga untuk menunjukkan bagaimana produk itu digunakan. Misalnya jika produk tersebut berupa pakaian, kamu harus mennjukan juga dengan modelnya, sehingga orang akan tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Dan pengguna akan dapat melihat seperti apa jika produk itu digunakan. kalau kamu lebih kreatif, kamu juga bisa membuat sebuah tutorial dalam satu gambar. belakangan gambar tutorial di pinterest sedang viral.

Gunakan Deskripsi yang Rinci
Pinterest adalah semua tentang gambar, tapi bukan berarti kamu melupakan deskri si begitu saja. setiap pin yang kamu postkan harus memiliki deskripsi yang rinci, yang berisi kata kunci relevan. seperti haln a google, Pinterest juga memiliki mesin pencari, jadi jika kamu memasukan deskripsi ke pin kamu, kemungkinan besar jika pengguna pinterest mencari sebuah pin yang kebetulan relevan dengan kata kunci yang kamu masukkan tadi ke deskripsi, pin kamu akan tampil di hasil pencarian dan mereka akan menge-klik atau melihat pin milik mu.

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.