Cara Submit Blog atau Website Ke Naver (Korea Search Engine)

11.48.00
Submit blog to naver search engine

Seperti yang kita ketahui, sebagian search engine (mesin penelusuran) memiliki alat pengelolaan (manage) atau webmaster tool untuk memantau pemilik situs dan menangani masalah perayapan (crawl) sekaligus pengindeksan situs serta melakukan submit situs.

situs pencarian dan search engine terbesar milik Korea selatan, NAVER juga meluncurkan webmaster tool pada bulan Juni 2014 lalu, situs Naver pun telah men-tweak webmaster tool-nya secara terus menerus agar berfungsi maksimal layaknya google webmaster tool. Dan sejak pertengahan Februari 2016, deskripsi pengiriman URL situs via Naver WT diterapkan di site collection.

Site Collection adalah area non komersial yang paling efektif di NAVER SERP (Search Engine Result Page). sementara itu, submit URL situs diterima melalui daftar directory saja. submit directory ini ditangguhkan sekarang dan pengajuannya hanya bisa diterima melalui webmaster tool.

Sekarang, di Naver Webmaster Tool, kamu bisa verifikasi, submission, monitoring dll.


Bagaimana cara submit Blog / Situs ke Naver.com? ikuti langkah-langkah berikut ini:


Langkah 1
Membuat akun NAVER. kamu bisa membuat akun Naver melalui Sign Up Naver atau langsung sign up dengan akun Facebook atau Line.

Naver sign up

Langkah 2
Masuk ke Naver Webmaster tool. kamu bisa masuk melalui Naver Webmaster Tool lihat gambar dibawah. lalu pilih tombol yang diberi kotak biru pada gambar.

naver webmaster tool

setelah selesai sign up dan login, pilih tambahkan website, atau kotak yang berwarna hijau, lihat gambar dibawah


submite site to naver.com


masukkan alamat website atau blog milik kalian, di sini kalian bisa memasukan alamat web/blog kalian, adapun ketentuannya yaitu, harus situs URL asli tanpa ada sub. contoh http://www.undilife.com, untuk http://www.undilife.com/sub/blablabla, tidak valid atau tidak bisa digunakan. lihat gambar dibawah. kalau sudah pilih tombol hijau.

submite site to naver.com

Langkah 3
verifikasi akun, lihat gambar dibawah.

verification site on naver.com

seperti yang kalian lihat, ada tiga tipe verifikasi situs. kalian harus memilih salah satu, kalau saya menggunakan meta code HTML, yang nantinya diletakkan di template bagan bawah code <head>. setelah selesai submit situs, kalian bisa memonitor dan mengoprasikan menu webmaster tool.

Naver webmaster tool

Naver webmaster tool



Bagaiamana? mudah bukan?. jangan sungkan untuk bertanya atau meninggalkan komentar kalian dibawah, saya sangat ingin mendengar pendapat kalian, terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa rating bintang sama share nya. have a good day.

8 komentar:

  1. nice gan infonya, saya juga sering submit ke webmaster tool

    BalasHapus
  2. wah, tambah 1 lagi nih.. makasih gan,.

    BalasHapus
  3. Walah apaan Naver.. Baru dengar gan yang namanya Naver xD tp ngak bisa dilewatin kalo bisa membuat blog memjadi lebih mantap.

    BalasHapus
  4. infonya sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus
  5. wah,bisa dicoba nih.thx infonya gan

    BalasHapus
  6. nice infonya bro , mau coba dulu

    BalasHapus
  7. ada pengaruhnya ke rangking website di mesin pencari lain kayak g0ogle atau yah0o atau b1ng gan? DuniaLaki

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.