Membuat Laporan Hasil Penyuluhan Kesehatan Materi IKM Keperawatan

SAP DAN PROPOSAL

SAP (Satuan Acuan Penyuluhan) seperangkat acara penyuluhan yang akan diselenggarakan termasuk topik, tempat, sasaran, pemateri dan konsep acara


TAHAP-TAHAP PENYUSUNAN SAP

Kegiatan penyuluhan adalah tahap yang dilakukan penyuluh atau pemateri dan peserta penyuluhan atau masyarakat untuk mengetahui perkembangan kesehatan di lingkungan mereka.


1. Tahap Pendahuluan

Tahap awal atau tahap persiapan sebelum memasuki penyajian materi yang akan disuluhkan. Pada tahap ini penyuluh menjelaskan secara singkat tentang:

  • Materi yang akan diajarkan
  • Manfaat materi
  • Hubungan materi dengan pengetahuan
  • Tujuan yang harus dicapai

Tahap ini biasanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit atau sekitar 5% dari waktu penyuluhan.


2. Tahap Penyajian

Tahap ini merupakan kegiatan belajar mengajar yang utama dalam suatu pengajaran. Didalamnya tercakup:

  • Uraian, baik dalam bentuk verbal maupun nonverbal sperti mengguakan grafik, gambar, benda sebenarnya, model dan demonstrasi gerak.
  • Contoh dan non-contoh yang praktis serta konkret dari uraian konsep
  • Latihan merupakan praktik bagi masyarakat untuk menerapkan konsep abstrak yang sedang dipelajari dalam bentuk kegiatan fisik. Sebagian besar waktu 80-90% dari waktu kegiatan penyuluhan.

3. Tahap Penutup

Tahap penutup adalah tahap terakhir dari penyuluhan. Tahap ini meliputi 2 kegiatan, yaitu:

a. Pelaksanaan tes hasil penyuluhan untuk dijawab dan dikerjakan peserta penyuluhan.

b. Umpan balik yang berupa informasi atau hasil tes.


MEDIA DAN ALAT PENYULUHAN

Secara etimologis kata “media” berasal dari bahasa Latin, yaitu “medius” yang artinya tengah, perantara, atau pengantar. Dalam bahasa Indonesia kata medium mengandung arti antara (menyatakan posisi) atau sedang (menyatakan ukuran).

Istilah “media” pada umumnya merujuk pada sesuatu yang dijadikan sebagai wadah, alat, atau sarana untuk melakukan komunikasi.

Jadi secara umum, pengertian media adalah suatu alat perantara atau pengantar yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan.

Pendapat lain mengatakan arti media adalah segala bentuk saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Dengan kata lain, media dapat didefinisikan sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan.

Alat penyuluhan adalah benda yang digunakan dalam penyuluhan sehingga memungkinkan terjadinya kegiatan penyuluhan. Contoh: papan tulis, spidol, LCD dsb.


EVALUASI DAN REFERENSI

Evaluasi adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta penyuluhan cara melaksanaan pengajaran. Alat ukur tersebut bisa berbentuk:

  • Essay (uraian)
  • Tes objektif. Contoh: memiliki model soal benar-salah, menjodohkan, dan isian pendek
  • Tes kinerja. suatu penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan life-skill, berupa aspek pembelajaran kinerja produk. Penilaian kinerja cocok untuk menilai praktik, sehingga dikenal sebagai tes praktik/kinerja.


laporan SAP penyuluhan kesehatan masyarakat


Posting Komentar

0 Komentar