2/21/2019

Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge (HZMB): Jembatan Terpanjang di Dunia

Presiden Cina Xi Jinping resmikan jembatan sepanjang 55 km yang hubungkan Hong Kong dan Makau menuju zona ekonomi Pearl River, lewat kota Zhuhai di daratan Cina, 23 Oktober 2018. Struktur mengesankan ini terdiri dari jembatan yang berkelok-kelok dan terowongan bawah laut sepanjang 6,7 km antara dua pulau artifisial.

Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge

Sebelumnya, Cina juga pemegang rekor jembatan laut terpanjang di dunia, yang ada di teluk Jiaozhou sepangjang 42 km. Letaknya di semenanjung Shandong, dan menghubungkan Qingdao dan Huangdao.

Jembatan laut Hong Kong-Makau menelan biaya milyaran Dolar. Konstruksinya memakan waktu hampir satu dasawarsa. Dari pulau artifisial di Hong Kong, jembatan berubah jadi terowongan laut. Mobil dan truk bisa berhenti di sini. Diperkirakan sedikitnya 60.000 mobil dan 250.000 orang akan menggunakan koneksi ini per hari.

Pemerintah Cina berharap, jembatan ini akan mendorong perekonomian di kawasan yang dilewati. Sampai sekarang, penduduk Zhuhai, Makau dan Hong Kong menggunakan kapal feri sebagai sarana transportasi antar ketiga kota.

Menggunakan mobil, berkecepatan rata-rata 100 km per jam, waktu perjalanan antara Hong Kong dan Makau akan berkurang dari tiga jam jika memakai kapal feri menjadi kurang dari 30 menit. Tapi hanya orang kaya dan penduduk Hong Kong serta Makau yang punya hubungan dengan kalangan politik yang bisa menggunakan jembatan ini.

Jembatan seharusnya diresmikan akhir 2016. Tapi ternyata untuk membangun jembatan ini perlu waktu lebih lama dari rencana awal. Mulai 24 Oktober, jembatan dibuka untuk lalulintas reguler. Konstruksi jembatan diperhitungkan akan bertahan sampai sedikitnya 120 tahun dan bisa menahan angin topan dengan kecepatan hingga 340 km per jam.

Sekitar 400.000 ton baja digunakan dalam konstruksi jembatan raksasa ini. Volumenya 4,5 kali lebih banyak baja dari yang digunakan untuk membuat Jembatan Golden Gate di San Francisco. Menurut pemerintah Cina, jembatan tidak hanya mampu menahan gempa bumi berkekuatan 8 pada skala Richter, tapi juga tahan jika tertabrak kapal angkut barang.

Pos pemeriksaan perbatasan sudah dibuat di dataran Cina, Hong Kong dan Makau. Salah satu masalah yang dihadapi pengemudi mobil adalah dua sistem lalulintas yang berbeda, yaitu bagi setir di kanan dan di kiri. Pengemudi mobil juga harus punya dua izin mengemudi yang berbeda untuk melewati jembatan.

Pembangunan konstruksi jembatan tertunda akibat ongkos yang lebih besar dari perkiraan, kecelakaan fatal atas pekerja bangunan dan tuduhan korupsi. Warga Hong Kong khawatir, dengan adanya jembatan, status semi otonomi tidak akan dipedulikan Beijing. Aktivis lingkungan peringatkan, jembatan berdampak mematikan bagi spesies lumba-lumba merah jambu.


Beberapa Fakta tentang Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge (HZMB)

1. Kendaraan yang bisa menggunakan jembatan
Di antara jenis kendaraan yang diizinkan menggunakan Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao (HKMB), yaitu bus antar jemput, yang hanya akan berjalan antara pelabuhan Hong Kong dan Zhuhai / Macao, dan bus ini tidak boleh melintasi batas yang ditentukan. Sisanya mobil pribadi, itupun ada aturan dan atas kuotanya.

2. Posisi kendaraan saat jalan
HZMB memiliki tiga jalur ganda, batas kecepatan mengemudi adalah 100 km / jam di jembatan utama.

Karena jembatan sebagian terletak di bawah laut dan daratan, posisi kendaraan akan tetap di sebelah kanan jalan. Mobil dapat berubah ke kiri setelah melewati pos pemeriksaan perbatasan di Hong Kong dan Makau

3. Berapa biaya tol?
Otoritas HZMB akan bertanggung jawab atas jembatan tol ini. Pembayaran tol dalam mata uang yuan. Hanya ada satu plaza tol dengan 20 gerbang tol, yang terletak di dekat pelabuhan Makau dan Zhuhai di sisi daratan. Semua gerbang tol akan tersedia untuk sistem tol otomatis di provinsi Hong Kong dan Guangdong. Selain uang tunai, kartu bank dan pembayaran elektronik seperti WeChat Pay dan Alipay akan tersedia.

4. Manajemen dan bea cukai
Jembatan utama, yang terletak di perairan dan daratan, akan dikelola oleh Otoritas Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao, yang secara bersama-sama didirikan oleh pemerintah provinsi Guangdong, Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (SAR) dan SAR Macao pada 2010. Bertanggung jawab atas pembangunan, operasi, pemeliharaan dan pengelolaan jembatan utama.

Otoritas terletak di Zhuhai. Ada pusat-pusat pemantauan dan departemen-departemen yang ditugasi tanggung jawab seperti penyelamatan jalan, pemeliharaan dan layanan kebakaran, di pulau-pulau buatan jembatan bagian barat dan timur, digunakan untuk operasi sehari-hari, pemeliharaan, dan keadaan darurat.

Pelabuhan di Hong Kong, Zhuhai dan Makao akan buka 24 jam setiap hari. Mereka dibangun dan dikelola masing-masing oleh pemerintah daerah.

Zhuhai dan Macao akan bekerja sama untuk menerapkan izin bea cukai sekali pakai di kedua pelabuhan. Kedua kota akan berbagi data imigrasi, yang memungkinkan wisatawan menyelesaikan proses keluar dan masuk dalam satu pass.

5. Panjang Terowongan
Panjang terowongan dan pulau buatan
HZMB adalah sepanjang 55 km melintasi Muara Sungai Pearl. Ini adalah penyeberangan laut terpanjang di dunia. Jembatan ini terdiri dari terowongan bawah laut sepanjang 6,7 km, yang merupakan terowongan dibawah laut pertama di negara itu dan terowongan bawah laut terlama di dunia untuk lalu lintas jalan. Terhubung ke jembatan melalui dua pulau buatan lepas pantai.

Terowongan ini dibangun untuk menyediakan ruang bagi saluran pengiriman yang direncanakan untuk liner penumpang dengan kapasitas 300.000 ton. Karena lokasi yang direncanakan dekat dengan bandara internasional Hong Kong, di mana terdapat batas ketinggian di wilayah udara, sebuah terowongan harus dibangun di bawah laut.

6. Kapan konstruksi dimulai? Berapa biayanya?
Rencana untuk membangun jalan penghubung melintasi Muara Sungai Pearl diprakarsai oleh industrialis Hong Kong Gordon Wu Ying-sheung pada tahun 1983. Setelah beberapa putaran dan belokan, studi kelayakan dimulai pada bulan Maret 2004 di bawah persetujuan Dewan Negara. Laporan penelitian disetujui pada Oktober 2009, diikuti dengan upacara pembukaan pada 15 Desember di tahun yang sama, diketuai oleh Li Keqiang, yang saat itu wakil perdana menteri, di Zhuhai.

Biaya sejauh ini dari HZMB adalah sekitar 120 miliar yen ($ 17,4 miliar), dengan jembatan utama 29,6 km yang diinvestasikan oleh tiga pemerintah diperkirakan sebesar 48,1 miliar yen. Sisanya adalah investasi oleh masing-masing pemerintah di pelabuhan mereka dan menghubungkan jalan ke jembatan utama.

7. Mengapa jembatan dibangun?
Manfaat yang paling penting adalah bahwa jembatan akan menyediakan koneksi jalan langsung ke timur dan barat Muara Sungai Mutiara, yang dapat sangat memudahkan pengembangan industri yang bergantung pada transportasi cepat, seperti logistik, makanan, konvensi dan pameran.

8. Mengapa jembatan tidak terhubung ke Shenzhen?
Melihat ke masa depan Wilayah Teluk Greater Guangdong-Hong Kong-Macao, Liu Xiaodong, seorang perancang utama HZMB, mengatakan kepada China Daily bahwa akan ada lima jembatan melintasi Muara Sungai Pearl di tahun 2035 nanti.

Permintaan lalu lintas masa depan diperhitungkan selama desain awal untuk jembatan itu kembali pada tahun 2003, kata Liu.

Source: DW, Telegraph

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.