Cara mengatasi URL Blog yang di Blockir Facebook

Cara mengatasi URL Blog yang di Blockir Facebook

Hello January! and Happy New year 2018! untuk post pertama tentang blogger di awal tahun ini saya akan share ke kalian mengenai bagaimana cara unblock url blog atau alamat website yang di block oleh Facebook. Saya pernah mengalami hal seperti ini belum lama, awalnya saya bisa share link website sendiri tanpa kendala, namun setelah gabung di grup Blogger di facebook saya tidak bisa mengontrol untuk share link blog di sana, akhirnya tidak lama muncul notifikasi dari facebook.

Dalam notifikasi saya dikatakan melanggar kebijakan facebook karena membagikan link yang dianggap spam. sampai disitu saya langsung panik. gimana ga panik, pasalnya saat kita mau share link blog kita, pasti akan di anggap spam oleh facebook. bahkan saya coba untuk menggunakan layanan short url, dan hasilnya pun sama. masih dianggap spam.

Ada juga netizen luar negeri yang mengalami kasus yang sama dengan saya, yaitu url websitenya di block oleh facebook tanpa mengetahui sebabnya. dia bercerita bagaimana cara memulihkan situsnya agar tidak di block oleh facebook. dia melakukan cara yang ia tidak pernah inginkan katanya, yaitu mengiklankan situsnya ke facebook. namun dengan cara ini dia berhasil untuk unblock situs miliknya, tapi harus mengeluarkan uang. memang yah facebook kalau masalah uang nomor satu.

Penyebab url web atau blog di blockir tidak ada sangkut pautnya dengan tempat domain yang kalian beli, dimanapun tempat kalian beli domain, juga akan mengalami hal seperti diatas jika tidak sesuai kebijakan facebook. oh iya satu hal lagi.

jika situs web atau blog milik kalian di blockir oleh facebook, secara otomatis url tersebut akan di blockir juga oleh instagram, soalnya instagram dikelola oleh Facebook. dan saya juga pernah mengalaminya, karena bagian bio di akun instagram saya, saya cantumkan url blog saya. dan akhirnya saya mendapat notifikasi dari instagram, katanya akun milik anda terdapat link berbahaya (-,-)

Kerugian yang dialami saat url blog atau situs di block facebook:

1. Tidak bisa sharing url blog ke pengguna facebook lain, baik di status, grup, halaman dll. (kecuali ads).
2. Backlink dari facebook menghilang.
3. Rangking Blog menurun.
4. Url diblock oleh Instagram juga

lalu kalau sudah seperti ini harus bagaimana?

langkah 1 pastinya kita harus lapor ke facebook, kita harus menjelaskan ke facebook kalau kita tidak bermaksud untuk spam dan url yang kita bagikan terbukti tidak mengandung sara dan malware atau virus.

kamu perlu untuk mencoba menjalankan website atau blogmu melalui Facebook Debugger: kunjungi Facebook developer



Alat ini dibangun untuk membantu mengidentifikasikan kesalahan yang dibaca Facebook dari situs web atau blog kalian. dan membantu memberikan informasi tentang apa yang perlu diperbaiki untuk meng-unblock tautan blog milik kalian. setelah itu tunggu beberapa waktu (admin kurang tahu berapa lama, yang pasti ga sampai mingguan bahkan bulanan)

Langkah 2 jika sudah menunggu lama dan ga fix juga. coba cara selanjutnya ini, yaitu kunjungi alamat berikut: Facebook Help




isi semua kolom yang harus di isi, seperti memasukkan url blog kalian, kemana tujuan tautan ini? dan jelaskan mengapa menurut kalian ini adalah kesalahan (saya menggunakan bahasa Indonesia). setelah diisi semua tinggal kirim.

Cara mengatasi URL Blog yang di Blockir Facebook

Dengan melakukan hal-hal diatas, situs milik saya pulih kembali dan bisa share lagi di facebook. tanpa harus beriklan. dengan post ini semoga dapat menjawab permasalahan kalian. terimakasih sudah berkunjung. jika mengalami kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah. dan jangan lupa untuk share ke temanmu. karena sharing is caring.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.