Blogging Tips, Entertainment and Kpop


2017-09-04

Cara Membuat Blog Agar User Friendly

Cara Membuat Blog Agar User Friendly

Blog User Friendly. Ketika saya membicarakan desain blog, salah satu yang paling sering saya lakukan adalah untuk "membersihkan" layout blog. Jika kamu orang yang sering mengunjungi blog saya , Kamu mungkin memperhatikan bahwa saya baru saja membuat beberapa perubahan pada blog saya sendiri selama beberapa hari terakhir dalam upaya untuk membuat blog saya lebih bersih, efisien dan user friendly.

desain blog hampir sama seperti desain interior. Ini subjektif - Setiap orang memiliki selera pribadi mereka sendiri. Tapi ada hal yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan pengalaman pembaca kalian ketika mereka mengunjungi blog. Maksud saya, kamu ingin seseorang untuk berlama-lama ketika mereka mengunjungi blog kamu untuk pertama kalinya, kan?

Kita semua tahu bahwa konten adalah Raja, tetapi jika blog kamu terlalu berantakan, tak seorang pun akan melihatnya. Berikut adalah beberapa perubahan yang saya buat untuk membantu membuat blog saya lebih user friendly dan mengurangi kekacauan visual.

MEMBATASI WIDGET DI SIDEBAR BLOG

Saya tidak bisa mengatakan berapa kali saya mengunjungi sebuah blog dan ada banyak sekali widget sidebar yang mengacaukan tampilan blog tersebut. bukan hanya tidak menarik secara visual, hal ini berdampak pada lamanya blog memuat. jadi mulai sekarang, alangkah baiknya untuk membatasi widget pada sidebar blog, gunakan sesuai kebutuhan saja seperti widget populer post, latest post dan label/dll.

MENCIPTAKAN MENU BAR FAVORIT

Ketika seseorang baru mengunjungi blog kamu, apakah melalui pencarian Google, atau Pinterest, atau dari Social Media, mereka jelas mampir karena kamu menawarkan sesuatu yang mereka cari. Buatlah mudah bagi mereka untuk mengeksplorasi blog kalian dengan menawarkan sebuah menu entah itu kategori, sitemap, about me atau apapun.

BANTU PEMBACA MENCARI POS PALING TERBARU MILIK ANDA

Beberapa pembaca hanya mampir sekali seminggu, atau bahkan hanya beberapa kali dalam sebulan. Pastikan mereka tidak 'merasa ketinggalan berita dari blog kamu' dengan menambahkan recent post widget. seperti yang kalian lihat Saya juga sudah menambahkan widget Recent Post dibawah artikel saya dan di sidebar.

MENDORONG DAN MEMPERMUDAHKAN ORANG UNTUK BERKOMENTAR

Please! please! Please!, jangan mempersulit pengunjung blog kalian dengan menambahkan kotak login atau semacamnya, cukup gunakan kotak komentar bawaan template blog, atau facebook plugin, dan diaqus. ada yang benar-benar ingin meninggalkan sebuah komentar bagus, tapi akan memakan waktu jika seseorang harus mengisi inilah itulah, dan pada saat itu, mereka mungkin akan pergi begitu saja.

PENGGUNAAN LIMIT CUSTOM FONT

Ada banyak font lucu dan menyenangkan (dan pastinya GRATIS) di luar sana. Maksudku, hanya melihat situs penyedia font gratis seperti dafont.com membuat kepalaku berputar karena saking banyaknya pilihan font. Tapi kita tidak perlu menggunakan semua font dari sana untuk blog kita, atau pada header & menu bar. akan Menjadi pusing dan terlalu ramai jika semua font dipakai, dan mata tidak tahu kemana harus fokus. jadi cukup gunakan bentuk font minimal 2 untuk digunakan di blog kalian dan gunakan font yang mudah di baca dengan ukuran yang pas, jangan terlalu kecil. Juga, pastikan untuk menyertakan white Space. Percayalah, White space adalah teman Anda!

BUAT LEBIH MUDAH UNTUK MENGHUBUNGI DAN TAHU LEBIH LANJUT TENTANG ANDA

Kadang-kadang ketika saya terinspirasi oleh pos tertentu, saya ingin mengajukan pertanyaan atau berbagi sesuatu yang pribadi yang saya lebih suka tidak untuk meninggalkannya di komentar. Tapi saya perlu cara untuk melakukan itu. oleh karena itu kita perlu menyediakan link ke email kamu di sidebar, atau lebih baik lagi, pada menu bar blog. Kamu juga bisa menambahkannya di halaman About Me. kamu bisa menemukan siapa saya di About Me

LIHAT BLOG FAVORIT KAMU, LIHAT BLOG KAMU SENDIRI

Seberapa sering kamu benar-benar MELIHAT blog milik sendiri? Maksudku, kamu melihat blog lain sepanjang waktu, kan?. jadi mulai sekarang Luangkan waktu untuk benar-benar melihat desain dan layout dari blog favorit kamu dan melihat apa yang benar-benar menarik bagi kamu. buat catatan. Bookmark desain favorit blog kalian. Kemudian ketika kamu siap untuk mendesain blog ulang, kamu dapat mengambil inspirasi dari mereka.

Kurang lebih seperti itu cara membuat blog agar user friendly, jika saya melewatkan beberapa tips yang mungkin saya belum cantumkan, jangan lupa untuk meninggalkannya di komentar. jangan lupa rating dan share ke teman kalian. have a good day.


5 komentar on "Cara Membuat Blog Agar User Friendly"
  1. Tips nya keren gan, gaya penyampaian juga pas, salam blogger :D

    BalasHapus
  2. keren gan artikelnya padat berisi dan juga layoutnya mantab.
    juara agan ini...

    BalasHapus
  3. Bagus artikelnya.. padat dan berisi, semoga selau sehat, rejekinya tambah banyak dan sehat selalu.. salam sukses buat teman-teman semua..amiin
    sewa kantor full furnished jakarta

    BalasHapus
  4. apakah penggunaan TOS, Desclimer, Police termasuk jd User Friendly dan SEO?

    BalasHapus