5 Langkah Sederhana Untuk Mempromosikan Blog Melalui Pinterest

17.34.00
Pinterest for Blogger


Jika kamu seorang blogger kamu mungkin sudah tahu bahwa menggunakan Pinterest dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk mengarahkan lalu lintas kembali ke blog. Tapi apakah kamu tahu cara yang paling efektif untuk melakukannya?

5 langkah sederhana untuk mempromosikan blog di Pinterest

Langkah 1
sudah jelas, kamu harus menyertakan gambar dalam posting blog. Tapi tunggu, tidak sepenuhnya sesederhana itu. Bukan hanya sembarang gambar! Pertama, kita perlu memastikan bahwa gambar dan pos ada hubungannya, tidak hanya menambah beberapa gambar secara acak dari foto selfiemu, tidak peduli seberapa manis kamu jika tidak berhubungan dengan isi post, ini tidak ada gunanya. Kedua, pastikan bahwa gambar menarik secara visual. Jangan gunakan gambar dengan resolusi rendah atay blur, ukuran sesuai, dan pastinya eye catching. Perlu di ingat bahwa Pinterest bukan Instagram, ini bukan tempat untuk memamerkan foto selfie. Di Pinterest yang dibutuhkan adalah visual menarik dan eye catching.

Langkah 2
adalah yang paling sering blogger lupa. Pastikan kamu memberi lebel di setiap posting dan ditambah dengan caption yang efektif. Judul gambar pada post nantinya akan Pinterest gunakan sebagai teks untuk pin-mu ketika pengguna membagikan kepada papan pinterest mereka. Sebagai contoh "IMG1234_viamantan" bukan benar-benar keterangan yang di inginkan sebagai gambar untuk di repin di platform media sosial Pinterest. Jika kamu tidak segera mengubah teks, sama saja dengan meminta pembaca untuk melakukan pekerjaan lebih dari sekedar hanya mengklik 'pin ketika mereka ingin menyimpan postingmu (intinya judul/caption gambar harus SEO dan menarik).

Ambil kata kunci dan frase untuk mempertimbangkan bahwa pengguna dapat mencari dan menemukan konten yang terkait. misal: tips meningkatkan trafict blog dengan mudah, cara dapat ribuan pembaca dll, sehingga mereka tertarik untu mengeklik dan membaca selanjutnya! Ini adalah pilihan besar, tetapi jika kamu tidak nyaman dengan banyak promosi diri di bagian paling rinci, akurat, dan informatif, Kamu bisa menuliskan short keywordnya saja, itu sudah cukup.

Langkah 3
adalah langkah super mudah yang lainnya, yang sebagian besar teman-teman blogger melupakannya juga. yaitu Buatlah MUDAH untuk pembaca kamu, untuk menge-pin posting milikmu ke akun Pinterest mereka. Tambahkan widget atau tombol share ke pinterest, agar mudah bagi mereka untuk menggunakan.

Langkah 4
jika kamu ingin mendapatkan repin atau pin dari pengunjung, usahakan gambar original, belum ada yang punya sebelumnya, jangan sekali kali kredit dari google, semuanya sudah tau itu, dan pastinya tidak original. jika postinganmu mengenai tokoh atau artis tertentu, sebaiknya menggunakan foto terbarunya dan jangan lupa beri caption yang menarik. seperti kamu yang tahu pertama dan tahu segalanya. it's work. quotes juga sangat disukai di pinterest.

Langkah 5
Perhatikan metrik Pinterest-mu, mana antara gambar / tulisan yang bekerja paling baik? Apakah tulisan atau gambar yang paling banyak disukai. sering periksa metrik pinterest kalian, ini akan membantu untuk kedepannya, mana yang bisa bekerja lebih baik untu perkembangan Pinterest dan blogmu.

8 komentar:

  1. pintrst orang indo jarang gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru ini cara bagus dapetin audins dari luar :D saya sudah mencobanya. It's work

      Hapus
  2. Dulu saya punya template blog dengan ikon pinterest tapi tak bisa dipakai, untunya karena pjlsan kaka saya lbih paham, artikel yang amat bagus

    BalasHapus
  3. wah sangat bermanfaat gan artikelnya :)

    BalasHapus
  4. makasih gan.. bagus caranya.. cara ini juga bisa mendptkan lebih byk follower ke pinterest?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.