Prinsip-Prinsip Penggunaan Media dalam Pembelajaran

Prinsip-Prinsip Penggunaan Media dalam Pembelajaran

Prinsip-Prinsip Penggunaan Media dalam Pembelajaran


Terdapat sejumlah prinsip yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pada pembelajaran. prinsip - prinsip tersebut diuraikan di bawah ini.

1. media digunakan dan diarahkan untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami materi pelajaran.

Dengan demikian, penggunaan media harus dipandang dari sudut kebutuhan siswa, bukan dipandang dari sudut kepentingan guru.

2. Media yang digunakan oleh guru harus sesuai dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

media tidak digunakan sebagai alat hiburan, atau tidak semata-mata dimanfaatkan untuk mempermudah guru menyampaikan materi, akan tetapi benar-benar untuk membantu siswa belajar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

3. Media yang digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran.

Setiap materi pelajaran memiliki kekhasan dan kekompleksan. media yang digunakan harus sesuai dengan kompleksitas materi pelajaran. contohnya, untuk membelajarkan siswa memahami pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia, maka guru perlu mempersiapkan semacam grafik yang mencerminkan pertumbuhan penduduk.

4. Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan dan kondisi siswa.

Siswa yang memiliki kemampuan mendengar yang kurang baik, akan sulit memahami pelajaran manakala digunakan media yang bersifat auditif. demikian pula sebaliknya, siswa yang memiliki kemampuan penglihatan yang kurang, akan sulit menangkap bahan pembelajaran yang disajikan melalui media visual.

5. Media yang digunakan harus memperhatikan efektifitas dan efisiensi.

Media yang memerlukan peralatan yang mahal belum tentu efektif untuk mencapai tujuan tertentu. demikian juga media yang sangat murah belum tentu tidak memiliki nilai. setiap media yang dirancang guru perlu memperhatikan efektivitas penggunaanya.

6. Media yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoprasikannya.

Sering media yang kompleks, terutama media-media mutakhir seperti media komputer, LCD, dan media elektronik lainnya memerlukan komampuan khusus dalam mengoprasikannya.


Source: Buku Media Komunikasi pembelajaran by Wina Sanjaya


Search Tag: media pembelajaran adalah, media pembelajaran bahasa indonesia, media pembelajaran anak usia dini pdf, media pembelajaran berbasis it, media pembelajaran b.inggris, media pembelajaran digital, media pembelajaran dan sumber belajar, media pembelajaran edukatif, media pembelajaran fungsi

2 Komentar