Kepulauan Danau Loosdrecht Belanda

Pulau-pulau yang memanjang dan sempit ini terlihat di daerah yang disebut Scheendijk di Danau Loosdrecht, Belanda. Kredit foto: George Steinmetz

Kepulauan Danau Loosdrecht

Danau Loosdrecht adalah sistem danau yang dangkal dan saling berhubungan di Belanda yang terletak di provinsi Utrecht, selatan Amsterdam. Pada abad pertengahan, wilayah ini merupakan rawa gambut besar yang terlalu lembek untuk dijadikan lahan pertanian.

Beberapa upaya pengeringan rawa dilakukan, tetapi pada abad ke-17, rencana lahan untuk pertanian ditinggalkan dan rawa ditambang sebagai gantinya.

Gambut terdiri dari vegetasi yang sebagian terdiri dari bahan organik yang bisa membusuk dan merupakan sumber bahan bakar yang sangat baik. Pemanenan gambut di Loosdrecht dimulai pada 1630-an. Gambut dikeruk dari bawah permukaan air dan dibiarkan kering di tepi yang berdekatan.

Kepulauan Danau Loosdrecht

Dengan cara ini terbentuk area dengan potongan panjang dan tepian, khas dalam penambangan gambut. Ketika penambangan gambut terus berlanjut, setiap tepian menjadi menyempit dan aktivitas alami angin dan ombak berikutnya mengikis tepian.

Penggalian gambut meninggalkan potongan seperti parit panjang lebih dalam dan lebih dalam sampai dibanjiri oleh air tanah menciptakan pulau-pulau sempit ini.

Kepulauan Danau Loosdrecht

Foto dari udara desa Loosdrecht di daerah cagar alam dengan pola padang rumput yang indah dan parit di provinsi Belanda Utara. Kredit foto: Aerovista Luchtfotografie / Shutterstock.com

Pin it

Kepulauan Danau Loosdrecht


0 Komentar