Blogging Tips, Entertainment and Kpop

2019-01-20

Grammichele: Kota Hexagonal di Itali

Kota Grammichele terletak di provinsi Catania, di pulau Sisilia Italia. Kota Ini adalah salah satu dari sedikit kota di dunia yang memiliki tata letak heksagonal yang unik.

Kota Grammichele

Grammichele didirikan setelah gempa bumi besar di Sisilia tahun 1693 menghancurkan sebuah pemukiman yang sebelumnya bernama Occhialà, yang terletak di sebelah utara Grammichele modern. Para penyintas membangun sebuah kota baru dan menamainya Grammichele, setelah St. Michele, dengan harapan bahwa orang suci akan melindungi kota baru dari bencana yang akan datang.

Grammichele dibangun oleh Carlo Maria Carafa Branciforte, Pangeran Roccella dan Butera. Dirancang oleh Michele da Ferla, Garmmicgele adalah kota pertama di Eropa dengan rencana heksagonal. Tata letaknya mungkin terinspirasi oleh Palmanova, kota berbenteng yang dibangun seratus tahun sebelumnya. Perbedaan utamanya, Palmanova didasarkan pada poligon segi sembilan, sedangkan Grammichele memiliki rencana heksagonal yang dapat diperpanjang tanpa batas. Rencana heksagonal yang dirancang untuk Grammichele dibagi menjadi enam sektor dengan enam jalan yang semuanya konvergen menuju alun-alun utama, yang juga heksagonal.

Kota Grammichele

Banyak dibuat ruang terbuka di kota yang bertujuan untuk mengefakuasi warga jika terjadi bencana. Kotak-kotak ini berjarak sama dan semuanya dihubungkan oleh jaringan jalan yang secara geometris konsentris di sekitar alun-alun heksagonal utama, sekarang disebut 'Prince Carafa Square'. Di luar segi enam, empat distrik persegi panjang dirancang. Salah satunya seharusnya terdapat Istana Pangeran, tetapi tidak pernah dibangun.

Perencanaan heksagonal jarang terjadi saat ini. Dulu perencanaan kota heksagonal menarik perhatian berbagai perencana, insinyur dan arsitek di awal abad ke-20, tetapi tidak ada yang mampu membangun rencana tata letak seperti ini dengan skala besar.

Arsitek dan sejarawan seni New York Charles Lamb menganjurkan rencana kota heksagonal sebagai solusi praktis dan artistik untuk permasalahan di kota modern. Dia mengklaim bahwa sistem seperti itu tidak hanya akan memungkinkan terciptanya jalan-jalan raya bergaya Eropa yang indah, tetapi juga memungkinkan pertumbuhan kota yang direncanakan. Insinyur Australia, Rudolf Mueller, menunjukkan bahwa tata letak heksagonal akan mengarah pada penghematan potensial dalam panjang saluran air serta untuk sistem saluran pembuangan. Semakin sedikit hidran dan saluran air dapat melayani sejumlah besar bangunan, dan saluran layanan yang lebih pendek dapat diletakkan di antara pipa induk dan bangunan. Yang lain, seperti Arthur Comey membayangkan seluruh wilayah yang ditutupi dengan kota-kota heksagonal kecil, terhubung satu sama lain ke kota-kota besar, dan kota-kota besar yang terhubung ke wilayah metropolitan utama, menciptakan hamparan sel-sel heksagonal.

Namun, gejolak Perang Dunia 2 mengakhiri perencanaan heksagonal. Dalam praktiknya, blok heksagonal sangat tidak biasa untuk menjadi solusi yang bisa diterapkan. "Bagaimana jalan dinamai atau tempat tinggal diberi nomor dalam rencana segi enam? Dan Bagaimana orang asing menavigasi jalan-jalan Hexagonopolis?. Selain itu, pengembang perumahan dan pembeli rumah tidak suka lot segitiga dan sudut yang canggung.

Kota Grammichele

Be First to Post Comment !
Posting Komentar