12/25/2018

Tregaarden’s Julehus: Desa Nyata Santa Claus, Tempat Natal Sepanjang Tahun

So kalian tahu sebenarnya tentang Santa Claus? Jangan terlalu yakin. Sebagai contoh, tahukah kamu bahwa Santa dilahirkan di bawah batu di Vindfangerbukta, utara Drobak, beberapa ratus tahun yang lalu? Belum tahu kan?

Drobak, sebuah kota menawan di sisi timur Oslo Fjord (hanya setengah jam dari Oslo), kehadiran Santa dapat dirasakan di manpun dan kapanpun, tidak peduli jam berapa dan tahun berapa.

Image credit: Tregaarden's Julehus Facebook

365 hari Natal
Tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana tradisi ini dimulai, tetapi Drobak adalah satu-satunya kota Natal sepanjang tahun di Norwegia. Tregaarden's Julehus dibuka pada tahun 1988 di sebuah bangunan yang berasal dari tahun 1877. ‘Christmas House’ adalah impian setiap anak (dan orang dewasa yang bernostalgia) menjadi kenyataan: tempat di mana natal selalu ada, bahkan di tengah musim panas. Di Julehus, kamu dapat berbelanja hiasan dan mainan Natal sesuka hati, disana juga ada lilin, taplak meja, serbet, dan segala hal lain yang dapat kamu pikirkan. Selain itu, Rumah Natal Tregaarden memiliki kantor pos sendiri, sehingga kamu dapat mengirim kartu pos ke orang-orang yang kamu cintai, dihiasi dengan stempel khusus.

Image credit: Tregaarden's Julehus Facebook

Watch out for Santa!
Fakta yang menyenangkan dari Dobrak, Drobak merupakan satu-satunya tempat di Norwegia di mana pemerintah menganggap legal untuk memiliki rambu-rambu khusus di jalan-jalan yang memperingatkan kamu untuk berhati-hati terhadap Santa. Meskipun ini sebagian besar dilakukan untuk meningkatkan karakter kota sebagai tanah air Sinterklas, namun rambu-rambu ini juga berguna sesuai fungsinya. Kalian bisa lihat, ada Santa di Drobak dan kamu dapat menemukannya di Tourist Information Office di pelabuhan utama. Dia berknjung pada bulan November sampai Desember untuk memantau semua surat yang dikirim ke Santa Claus. Dan ada banyak sekali surat! Dinding kantor sepenuhnya ditutupi oleh kartu-kartu Natal dan surat-surat dari anak-anak di seluruh dunia. Tapi Kadang Santa tidak selalu ada, dia akan mampir sesekali diwaktu tertentu dalam satu tahun, jadi jika kamu beruntung, kamu mungkin mendapatkan kesempatan untuk berfoto selfie dengannya.

Bukan hanya tentang Natal
Bahkan jika ide 365 hari Natal tidak membuatmu senang, Ada banyak hal menarik lainnya yang dapat dilakukan di Drobak. Kota ini memiliki kota akuarium sendiri (terletak di gedung yang sama dengan Tourist Information Office), lalu ada beberapa galeri seni dan sebuah gereja kayu yang dibangun pada 1776. Pemandangan paling mengesankan adalah 10 menit perjalanan dengan feri: Benteng Oscarsborg. Dibangun pada tahun 1853 dan dinamai Raja Oscar I, Raja memainkan peran penting dalam menenggelamkan kapal penjelajah berat Nazi selama Perang Dunia II. Dan perlu diingat, akses ke Drobak dari Oslo hanya bisa ditempuh dengan kapal Feri atau Bus. Setelah baca post ini mungkin kamu akan memasukan kota ini ke dalam list traveling mu. Ho ho ho!

Footnote:
Danai Christopoulou, This Is Santa Claus' Real Village, Where It's Christmas All Year Long, Culture Trip, 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.