2/19/2016

UX Design: Cara Menghindari Kesalahan Desain Blog Bagi Pemula

Menghindari kesalahan desain Blog (UX Design): Apakah kamu menyesal karena membuat kesalahan dalam mendesain blog? Mudah-mudahan tidak, tapi jika demikian, postingan ini akan membantu kamu memperbaiki apa pun yang mungkin perlu perbaiki dalam tampilan blog.

Desain blog menjadi prioritas utama untuk memastikan blog bekerja dengan baik dan juga terlihat baik jika kamu ingin memberikan kesan luar biasa terhadap pembaca. Walaupun kamu memiliki konten sedikit, dengan desain yang blog benar, daya tarik blogmu bisa mengubah pandangan orang.

Baca juga:



Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang di lakukan blogger dan bagaimana untuk menghindari hal tersebut.


Cara Menghindari kesalahan desain blog

Terlalu banyak font dan warna
Setiap blogger memiliki gaya dan warna favorit yang berbeda-beda. Banyak diantara mereka mendesain blog sesuai dengan warna favoritnya, kadang warnanya bisa lebih dari 3. Tapi sebenarnya, tidak semua pengunjung blog memiliki selera warna yang sama denga pemilik blog.

Kadang ada pembaca yang suka dengan konten di sebuah blog tertentu, tapi blog tersebut memiliki desain yang kurang menarik, lantaran terlalu banyak warna yang di gunakan pada template, belum lagi warna pada font dan juga bentuk font yang terlalu banyak.

Ini sebenarnya sangat mengganggu, walaupun konten adalah raja, tapi sabagai blogger juga perlu memperhatikan desain blog terutama pemilihan warna dan font pada template, usahakan sederhana dan mudah untuk di baca, agar pembaca bisa betah berlama-lama di blog kalian.

Halaman Penuh, dengan sedikit ruang putih
Ruang putih ibarat seperti udara di sekitar konten, yang memberikan kebebasan untuk bernapas. Sedikit ruang kosong juga di butuhkan dalam medesain blog.

Jangan sampai tulisanmu terlihat menyatu dengan widget di sidebar dan iklan yang muncul. Coba atur sedemikian rupa pada template blog agar terasa lebih rapih dan beri sedikit ruang antara konten dengan bagian lainnya.

Usahakan gunakan background berwarna putih agar blog terlihat lebih luas. Jangan terlalu banyak memasng widget, pasang widget yang di rasa penting dan memiliki fungsi seperi Popular Post atau recent post.

Link media sosial
Jika kamu seorang blogger, kamu harus sudah tahu betapa pentingnya jejaring sosial, tapi kadang-kadang hal seperti ini di sepelekan saat mendesain blog.

Jangan lupa untuk menyertakan ikon share ke halaman sosial media di blog kalian. Terutama di bawah post. Kamu bisa menggunakan widget dari addthis, atau mencari widget share lainnua di google.

Baca juga:


Info kontak
Informasi Kontak perlu di tambahkan rerutama jika kamu menggunakan blog untuk bisnis. Pastikan bahwa informasi kontak ditampilkan dengan jelas di suatu tempat yang mudah diakses oleh pengunjung.

Kamu bisa menggunakan halaman about, profil di side bar atau di bagian footer. Dengan informasi ini, pengunjung tahu siapa orang dibalik blog yang ia kunjungi.

Mudah Dibaca
Seperti yang sudah saya singgung di awal, semua font di blogmu harus mudah dibaca. Itu berarti pilihan font yang tepat dan ukuran font yang tepat harus diperhatikan.

Tidak ada gunanya memilih font untuk judul posting yang keren, jika sulit untuk dibaca. Menjaga judul font dan font teks sesederhana mungkin membuat lebih mudah bagi pengunjung untuk membaca konten pada blog.

Resolusi layar tidak layak
Sekarang semakin banyak ukuran layar pada sebuah device baik itu smartphone, tablet, maupun desktop. Bqhkan sekarang Smart TV sudah bisa digunakan untuk mengakses internet. Jadi tidak ada satu acuan ukuran tampilan layar yang harus di gunakan oleh blogger.

Maka dari itu perhatikan tampilan blog pada setiap device, jangan sampai terpotong atau template blog tidak responsive di beberapa device. Kalau saya sendiri menggunakan full screen pada tampilan blog saya, dan tanpa border.

jangan menyiksa pengunjung dengan resolusi layar lebih dari 1300 px, hal ini akan membuat tampilan blogmu terpotong di layar.

Kurang Navigasi
Navigasi memainkan peran super penting dalam blog/situs web apapun. Jika menu di blogmu tidak ada atau di tempat yang tidak menarik perhatian, saatnya untuk memperbaiki kesalahan besar tersebut.

menu navigasi adalah salah satu cara umum bahwa orang akan berpetualang di sekitar situs atau blog kita. Menu navigasi hanya menyertakan link penting atau halaman penting, semisal halaman about, contact dan sub konten.

Search Tag: desain blog, desain blog terbaik, desain blogspot, desain blogger, desain blog sendiri, desain blog keren, desain blog menarik, desain blog yang bagus, desain blog pdf, desain blog gratis, desain blogger terbaik, desain blogger keren, desain blog simple.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UNDI LIFE © , All Rights Reserved.