1/23/2016

Bagaimana Cara menyelesaikan Tugas Sekolah dengan Cepat?

Mengerjakan pekerjaan rumah (PR ataupun Tugas kuliah) dapat menjadi memakan waktu dan membuat frustasi, dan kehidupan lebih dari sekedar pekerjaan. Berikut adalah beberapa langkah yang mungkin ingin Anda coba menggunakannya untuk menyelesaikan tugas Anda.

Dilakukan dengan cepat, efisien dan tanpa gangguan. Hal yang juga penting Anda lakukan yaitu lebih memperhatikan di kelas dan mengajukan banyak pertanyaan sehingga Anda tahu persis (menguasai) terdiri dari apa saja tugas pekerjaan rumah Anda. Memulai dengan langkah pertama di bawah ini.



1. Persiapan (Preparing)


  1. Melakukan persiapan sebelum memulai mengerjakan tugas terlebih dahulu dan usahakan untuk mengerjakan tugas Anda di ruangan yang tenang. Mencoba mengerjakan di meja atau tempat kesukaan anda, tapi jangan sekali-kali pergi ke kamar tidur Anda, karena dapat membuat Anda malas atau terganggu.. Pastikan ada pencahayaan yang baik, jangan menyelesaikan tugas di ruang yang kurang pencahayaanya, hal ini akan mengganggu konsentrasi Anda.
  2. Meminta orang tua Anda dan saudara untuk memberikan privasi (untuk tidak mengganggu beberapa waktu). Dengan cara itu akan membuat Anda nyaman. Juga, tidak akan merusak fokus pada apa yang Anda lakukan.
  3. Singkirkan semua sumber gangguan. Ini berarti mematikan ponsel Anda, log off komputer Anda (kecuali Anda akan membutuhkannya untuk pekerjaan rumah Anda), mematikan televisi. Biarkan keluarga Anda tahu bahwa Anda tidak ingin diganggu saat bekerja sehingga mereka dapat menghormati privasi Anda.
  4. Kenakan pakaian yang nyaman. Hal ini dapat membantu Anda merasa santai dan nyaman selama Anda belajar.


2. Planning


  1. Merencanakan berapa lama anda harus menyelesaikan tugas. Jangan biarkan diri Anda membuang-buang waktu, karena waktu tidak pernah datang kembali. Mengatur jadwal untuk diri sendiri dan berusaha untuk melaksanakannya. Ingat, waktu tidak pernah bisa kembali! Jangan biarkan diri Anda dengan penyesalan di kemudian. Jika itu sebuah proyek pastikan Anda tidak menunda-nunda.
  2. Mengatur daftar pekerjaan rumah Anda. Memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan Anda untuk menyelesaikan setiap subjek pekerjaan rumah. Jika mood Anda sangat rendah, pilihlah salah satu tugas yang lebih mudah, atau sebagian dari tugas untuk Anda mulai
  3. Cobalah untuk mengerjakan pekerjaan rumah Anda di siang hari daripada malam hari. Alasannya adalah bahwa hal tersebut mungkin membantu untuk menghindari kehabisan waktu saat mengerjakan. Anda mungkin lebih waspada pada siang hari.


3. Belajar (Studying)


  1. Pastikan Anda memahami tugas sekolah/kuliah sehingga Anda tidak membuang waktu dan menjadi frustrasi. Tanyakan guru Anda jika Anda memerlukan bantuan sebelum Anda memulai mengerjakan. Jangan takut untuk meminta bantuan keluarga atau teman jika Anda membutuhkannya. Jika mereka memiliki pengetahuan di bidang tersebut.
  2. Mengerjakan seorang diri saat mengerjakan setiap tugas. Ini akan membantu Anda bekerja lebih cepat dan membuat Anda termotivasi bukannya bosan dan dipaksa untuk menyelesaikan tugas. Karena saat anda mengerjakannya dengan teman, bukannya mengerjakan tugas namun bisa jadi malah mengobrol satu sama lain.
  3. Menunda tugas yang belum deadline (untuk besok), hanya saja jangan menunda sampai batas akhir waktu pengumpulan.


4.  Motivasi (Motivating)


  1. Mengerjakan tugas dibarengi dengan memakan snack atau cemilan akan meningkatkan mood anda, sehingga tidak stres dan tetap fokus mengerjakan tugas
  2. Hadiahi diri Anda sendiri untuk setiap tugas yang dicapai. Sekali lagi, mengambil istirahat pendek dan kembali untuk menyelesaikan tugas Anda. Tapi Jangan mengerem waktu terlalu lama. Yang pada ujungnya akan membuat anda malas.
  3. Memikirkan waktu luang anda setelah menyelesaikan tugas untuk refreshing. Hal ini akan membantu anda termotivasi untuk menyelesaikan tugas selanjutnya.


2 komentar on "Bagaimana Cara menyelesaikan Tugas Sekolah dengan Cepat?"
  1. Mas artikel nya beda dari yang lain nih unik. btw...

    ... boleh dong bantuin aku ngerjain tugas nih wkwk

    BalasHapus
  2. soslusi yang sangat bermanfaat membantu gan

    BalasHapus