10 Alasan Skripsimu Tidak Selesai Tepat Waktu

by - 7:19:00 PM


Hi pejuang skripsi, sudah sampai mana skripsimu? Bab II? Oh come on guys you can do it. Memang benar bagi sebagian mahasiswa hal yang paling menyebalkan dalam masa-masa kuliah adalah mengerjakan skripsi. Banyak yang masih bilang sepenting apa si skripsi, kenapa harus mengerjakan skripsi. Apa skripsi yang kita buat bisa mengubah negara?

Karena skripsi merupakan salah satu syarat kamu bisa lulus dari perguruan tinggi jadi terpaksa ga terpaksa harus di jalanin. Sebenarnya mengerjakan skripsi tidak sehoror yang kamu bayangkan. Skripsi kalau dikerjakan pasti juga bakalan selesai (ya iyalah). Setelah di pikir-pikir ada beberapa alasan yang bisa membuat skripsimu tidak kunjung selesai, apa saja? Baca sampai selesai.

1. Niat

Semuanya di awali dari niat, dulu pas ingin masuk kuliah kalian memang punya niat kan? Kaaan?. Kalau masuk sebuah kampus dilandasi dengan niat, begitu juga seharusnya yang kamu lakukan saat akan mengerjakan skripsi. Ga mungkin kan kamu lupa kalau di kampus ada yang namanya skripsi. Jika dari awal kamu niat mengerjakan skripsi, saya yakin dalam mengerjakan tidak mendapatkan kendala yang berarti, maksudnya kamu sudah benar benar mantap sesuai perhitungan untuk memgerjakan skripsi, untuk masalah sempurna atau tidaknya hasil penelitian kamu, itu nomor sekian. Yang penting kamu niat buat ngerjain.

2. Drama korea

Gurls! gurls! gurls! Tidak bisa di hindari lagi kalau sudah ketemu sama yang namanya drakor pasti bakal menghambat aktifitas kamu dalam mengerjakan skripsi. Walaupun kamu maraton nonton drakor, tetep aja bakal muncul wishlist drakor baru yang kamu bakal tonton. Al hasil skripsi kamu gitu gitu aja, ga ada kemajuan. Saran, sebaiknya kamu buat schedule, kapan dan berapa lama kamu nonton drakor dan kapan waktu untuk mengerjakan skripsi.

3. Game online

Yupz! Sekarang lagi trend game online terutaman game moba atau mobile online. Kebanyakan si penggunanya cowo. Sekali main game moba kamu bakalam sulit berhenti, efeknya sama saat seseorang nonton drama Korea, yaitu kecanduan pengen lagi dan lagi. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu kirangin main game, dan gunakan sebagian besar waktu ngegame mu buat mengerjakan skripsi, sedikit demi sedikit lebih baik dari pada tidak sama sekali.

4. Kurang membagi waktu

Ini penting sekali buat kalian untuk membagi waktu. Apa lagi untuk kalian yang kuliah sambil bekerja, atau aktif di sebuah organisasi. Buat jadwal kegiatan bisa jadi solusi, agar kegiatanmu sebagai mahasiswa tidak terganggu. Skripsi tidak bisa selesai begitu saja, butuh waktu dan ketekunan.

5. Lari dari tanggung jawab

Banyak dari mahasiswa yang menyepelekan skripsi. Mereka selalu menunda nunda saat mengerjakan skripsi, selalu nanti dan nanti. Sebenarnya mereka bukan mahasiswa yang malas atau bodoh, mereka hanya lari dari tanggung jawab sebagai mahasiswa. Yang seperti ini perlu di hindari, jangan sampai kalian menyipan sikap seperti ini. Ga mau kan kalian jadi mahasiswa abadi.

6. Tidak Paham Skripsi Sendiri

Hal seperti ini sering terjadi, banyak dari mereka mendapati judul skripsi mereka diterima, tapi saat mengerjakan mengalami banyak kendala karena dia tidak paham dengan apa yang ia teliti nantinya. Karena mungkin mahasiswa terlalu kreatif dalam membuat judul skripsi sehingga malah menjadi beban saat mengerjakannya. Maka dari itu fahami terlebih dahulu masalah yang nantinya akan di jadikan fokus penelitian, sehingga kamu tidak mengalami kesulitan saat mengerjakan skripsi.

7. Jarang Bimbingan

Biasanya dalam mengerjakan skripsi ada batas minimal bimbingan tatap muka dengan dosen atau pembimbing. Tapi kadang mahasiswa malas bimbingan, atau mungkin kurang begitu akrab dengan pembimbing, atau bahkan sering di PHP oleh dosen pembimbing, sehingga mereka malas untuk bimbingan. Menjalin komunikasi di sini sangat di perlukan, jangan mengangga pembimbing orang yang paling menakutkan, justru kritikan dari beliau akan membantu skripsimu cepat selesai. Dan gunakan waktu semaksimal mungkin untuk sering bimbingan, agar mempermudah kamu memahami skripsi yang sedang dikerjakan dan mengurangi kesalahan skripsi.

8. Terlalu banyak menunda

Memunda-nunda pekerjaan berarti mengulur waktu. Yang seharusnya skripsi sudah di acc dan tinggal menunggu sidang, malah belum selesai karena banyak menunda-nunda dalam mengerjakan skripsi. Hal seperti ini bisa jadi salah satu faktor kenapa skripsimu tidak kunjung selesai. Maka dari itu usahakan untuk tidak menunda waktu, dan mulailah menghargailah waktu. Ingat orang tua kalian yang cari uang hanya untuk kuliahin kamu.

9. Dianggap Sulit

Sebenarnya skripsi tidak sesulit yang kita bayangkan saat kita masih jadi maba. Nyatanya bukan mengerjakan skripsinya yang sulit, tapi kemauan kita dalam mengerjakannya yang sulit. Secara tidak sadar sebenarnya skripsi kita juga dibantu oleh dosen pembimbing kita, sehingga lebih mudah dalam melangkah. Anggapan sulit mengerjakan skripsi tidak begitu terasa saat kita mulai mengerjakannya. Mengapa mengatakan skripsi itu sulit kalau belum mencobanya lebih dulu. Jangan kemakan omongan senior yang bilang skripsi itu susah, karena kemampuan masing-masing mahasiswa kan berbeda.

10. Belum ingin lulus

Well, ini bisa jadi faktor paling lucu. Skripsi belum selesai karena belum pingin lulus. Mungkin karena calonnya masih maba jadi betah aja jadi mahasiswa. Tapi awas, ntar jadi mahasiswa abadi loh. Atau mungkin nantinya bingung setelah lulus mau cari kerja dimana, jadi akhirnya tidak tertarik lulus tepat waktu.

Jadi buat pejuang skripsi, mana nih dari 10 alasan yang menyebabkan kamu belum juga selesai skripsinya? Atau pinya alasan lain? Tulis komentar kalian di bawah.

You May Also Like

0 komentar